Klik NewsSosial Budaya

Grazie Vale! Selamat Pensiun Valentino Rossi

Grand Prix Valencia pada Minggu (14/11/2021) menjadi penutup karir juara dunia MotoGP sembilan kali Valentino Rossi.

Para fans menyambut balapan terakhir sang legenda dengan mengenakan atribut dan mengibarkan bendera kuning bernomor 46 di tribun.

Anak didik Rossi di Akademi VR46, seperti Fransesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Luca Marini, dan Enea Bastianini, melakukan penghormatan terakhir kepada sang mentor dengan mengenakan helm replika berlivery khusus bertemakan nomor 46.

Seusai mengentikan motor setelah finis P10, Rossi pun diserbu oleh para marshal, para pembalap, dan juga para fan yang menyalaminya di akhir karier sang pembalap.

Perpisahan Valentino Rossi itu menarik atensi para tokoh dunia.  Tom Cruise, Keanu Reaves, juga para atlet seperti Lewis Hamilton, Max Verstappen, Roger Federer, dan mantan pesepak bola timnas Brazil Ronaldo, tak ketinggalan mengucapkan selamat pensiun.

Pemenang Grand Prix Valencia, Fransesco Bagnaia mengatakan bahwa Rossi adalah sosok yang luar biasa.

“Saya ingin mempersembahkan balapan ini untuk Vale atas apa yang telah dia lakukan untuk kami,” kata Bagnaia

The Doctor, julukan Valentino Rossi, meraih titel juara dunia pertamanya pada 1997, satu tahun setelah menjalani debut kelas 125cc, diikuti dengan gelar kelas 250cc pada 1999.

Setelah naik kasta ke kelas premier, Rossi menjadi runner-up di musim pertamanya pada 2000 sebelum merebut titel juara dunia terakhir dalam format kelas 500cc satu tahun berselang bersama Honda.

Dia kemudian menambah koleksi trofi juara MotoGP pada 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009, dua titel pertama diraih bersama Honda, sedangkan sisanya bersama Yamaha.

Dalam pernyataannya, Rossi mengaku kecewa karena gagal meraih titel kesepuluh dalam kariernya.

“Saya berjuang keras untuk titel kejuaraan ke-10… saya mampu membalap di level yang baik. Titel terakhir saya pada 2009 sudah cukup lama. Saya akan senang menang satu kejuaraan lagi tapi saya tak boleh mengeluh. Saya memiliki karier yang luar biasa,” kata Rossi.

Sepanjang kariernya, Valentino Rossi telah mengantongi 115 kemenangan Grand Prix di semua kategori termasuk rekor 89 kemenangan di kelas premier, 235 podium (199 di kelas premier), yang juga merupakan rekor, serta karier terlama bagi seorang pebalap di kelas premier.

Pada 2021, dia pindah dari tim pabrikan Yamaha untuk bergabung dengan tim satelit SRT bertukar bangku dengan sang juara Fabio Quartararo.

Rossi terakhir kali mengecap manisnya podium teratas ketika tampil di Assen, Belanda pada 2017, sedangkan pole position terakhirnya ia dapat pada 2018 di Italia. Pembalap bernomor 46 itu terakhir merasakan podium pada tahun lalu setelah finis ketiga di GP Andalusia.

Sebagai investasi masa depan, Rossi telah membangun Akademi VR46, dan tim VR46 miliknya akan debut di MotoGP tahun depan sebagai tim satelit Ducati. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *