Info KlikersKlik News

Catatan Ketua MPR RI Bamsoet, Menjadikan Indonesia Visioner dan Sigap Menanggapi Tantangan Zaman

transformasi ekonomi nasional, dengan menjadikan investasi dan industri serta produktivitas sebagai basis kekuatan.

Momentum percepatan transformasi ekonomi dengan hilirisasi SDA jangan disia-siakan lagi. Kekayaan SDA Indonesia berlimpah. Dari emas, tembaga, bauksit, nikel, timah, batu bara hingga kelapa sawit, karet, kelapa, kopi, kakao, teh dan rempah-rempah lainnya. Harus tumbuh keberanian dan kemauan mengelola dan mengolah SDA dengan penuh kebijaksanaan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Dengan bertekad mewujudkan hilirisasi potensi SDA, konsekuensi logisnya adalah berhenti menjual komoditas atau SDA mentah. Hilirisasi harus dilaksanakan dengan konsisten agar sektor industri Indonesia didorong terus melakukan pendalaman agar mampu mengolah ragam SDA itu menjadi produk akhir bernilai tambah tinggi dan kompetitif di pasar global. Hilirisasi, at all cost, harus segera dimulai karena hilirisasi SDA akan menumbuhkembangkan ragam sub-sektor industri di dalam negeri.

Sukses masa depan sebuah bangsa tidak hadir secara alamiah atau serta merta. Profil Indonesia Emas 2045 bisa diwujudkan melalui proses pembangunan berkelanjutan. Mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 mengisyaratkan hadirnya empat pilar utama dalam dimensi pembangunan, meliputi pembangunan manusia serta penguasaan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, dan pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola.

Berdasar gambaran itu, masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya diharapkan bisa membuat kalkulasi dan pertimbangangan tentang sosok calon pemimpin nasional yang kompeten dan kapabel menanggapi tantangan zaman. Utamakan rasionalitas menuju pemungutan suara Pemilu pada 14 Februari 2024.

 

Sumber : mpr.go.id

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,761

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *