Klik News

Buruh Migran Asal Madiun Tewas di Hongkong

Seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur dikabarkan tewas di Hongkong. Korban tewas diduga akibat jatuh dari lantai 14 gedung apartemen majikan.

Sesuai data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Madiun, korban bernama Minarti (48 tahun).

Kasi Penempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Madiun, Puguh Budi Santosa mengatakan Jenazah korban sudah dipulangkan ke kampung halaman pada Rabu (25/12/2019) untuk dimakamkan.

“Terkait dugaan ada tidaknya unsur pidana atas insiden itu, belum dapat diketahui dengan pasti,” ujar Puguh di Madiun, Jumat (28/12/2019).

Menurut dia, berdasar surat dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hong Kong yang diterima disnaker, Minarti meninggal dunia pada Minggu (15/12/2019) waktu setempat.

Meski aparat kepolisian setempat telah mengidentifikasi jenazah, namun dalam laporan tersebut tidak dijelaskan detail tentang penyebab korban terjatuh.

“Kami sebatas mendapat pemberitahuan. Kalau soal terjatuh karena kecelakaan, bunuh diri, atau sebab lain, belum bisa dipastikan,” tambah dia.

Puguh menyebutkan, korban Minarti bekerja di Hong Kong sebagai asisten rumah tangga. Tahun ini adalah kontrak kerjanya yang kedua sebagai TKW.

“Berdasarkan penelusuran kami, yang bersangkutan merupakan BMI resmi. Korban berangkat secara legal melalui PT PIS dari Kota Madiun,” katanya.

Lebih lanjut, jelasnya karena yang bersangkutan merupakan TKI legal, maka ada jaminan asuransi sesuai perjanjian antara kedua belah pihak bilamana terjadi hal tidak diinginkan.

Pihaknya mengaku akan melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan lembaga terkait guna mengetahui perkembangan proses pencairan hak-hak korban kepada ahli waris.

“Jika korban merupakan TKI legal, maka semestinya akan mendapat asuransi. Kami akan memonitornya,” katanya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264