Klik NewsSosial Budaya

14 Mahasiswa Asal Papua Mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah Rusia

Sebanyak 14 mahasiswa asal Papua mendapatkan beasiswa dari pemerintah Rusia. Ke-14 mahasiswa itu akan belajar di berbagai kota dan perguruan tinggi di Rusia.

Mereka akan menyebar ke Moskow, Kaliningrad, Tula, St. Petersburg, Kazan, Orel, Voronezh, Volgograd, Petrozavodsk, Cherepovetsk, dan Tomsk di Siberia barat Rusia.

Jurusan yang diambil mereka beraneka ragam, baik program S1 maupun S2, seperti Teknik Lingkungan, Kimia, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Ilmu Pendidikan, Teologi, Psikologi, Museum dan Budaya, dan Antropologi.

Wakil Kepala RI di Rusia, Aziz Nurwahyudi menyatakan kegembiraan dan kebanggaan atas beasiswa yang diraih oleh putra-putri Papua itu.

Azis mengemukakan bahwa para mahasiswa ini adalah juga sebagai diplomat yang mempromosikan bangsa dan negara Indonesia di luar negeri, khususnya Rusia.

“Kami berharap mahasiswa Indonesia dapat sukses belajar di Rusia dan suatu saat kembali ke Tanah Air turut membangun bangsa Indonesia, serta mempererat hubungan antara bangsa Indonesia dengan Rusia,” kata Azis saat pertemuan dengan para penerima beasiswa di KBRI Moskow, Minggu (27/10/2019).

Baca juga :   Rusia Rebut Kota Besar Kharkiv, Ukraina Memanas

Selanjutnya ia berpesan agar para mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan baru dan memperhatikan belajar sebagai tugas dan tujuan utama.

Sebagai informasi, setiap tahun Pemerintah Rusia memberikan 160 beasiswa kepada Warga Negara Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi Rusia baik program S1, S2, maupun S3.

Jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia terus meningkat setiap tahunnya.

Tahun ini sekitar 650 orang mahasiswa Indonesia termasuk mahasiswa baru belajar di Rusia yang tersebar di seluruh wilayah Rusia, mulai dari Kalingrad di bagian paling barat, Moskow, St. Petersburg, Irkutsk, hingga Khabarovsk dan Vladivostok di bagian paling timur Rusia. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263