Headline

Beredar Meme “Jokowi Selalu Ikuti Aturan Kampanye,” Bawaslu: Itu Berita Hoaks

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membantah beredarnya meme yang berisi “JOKOWI SELALU IKUTI ATURAN SAAT KAMPANYE.” Meme tersebut menampilkan anggota Bawaslu Rahmat Bagja.

“Jokowi selalu ikuti aturan saat kampanye. Saat melaksanakan kampanye, Jokowi sudah sesuai dengan pasal 281 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Rahmat Bagja Anggota Bawaslu,” bunyi meme tersebut.

Meme tersebut telah beredar di media sosial, terutama melalui Whatssapp Messenger.

Dalam keterangan di situs resmi, Bawaslu menyatakan bahwa meme tersebut adalah berita bohong atau hoaks yang dapat mendiskreditkan Bawaslu.

“Bawaslu tidak pernah menyatakan bahwa salah seorang atau seluruh peserta pemilu selalu menaati aturan kampanye,” bunyi keterangan Bawaslu dalam situs resminya, Sabtu (09/03/2019)

Menurut keterangan Bawaslu, baik Rahmat Bagja, maupun Ketua Bawaslu dan anggota lainnya tidak pernah menyampaikan pernyataan yang menggeneralisasi kegiatan kampanye peserta pemilu.

Bawaslu baru menyatakan ada atau tidak ada pelanggaran pemilu dalam aktivitas kampanye peserta berdasarkan klarifikasi maupun tidak lanjut dugaan pelanggaran.

Baca juga :   Beli Produk Nasabah Mekaar, Presiden: Sangat Bagus dan Kompetitif

“Jadi, tidak benar jika ada informasi yang menyatakan bahwa Bawaslu menilai peserta pemilu selalu menaati aturan kampanye,” bunyi akhir keterangan Bawaslu. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 532

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *