Global ReviewInternasional

Utang Meningkat, Sri Lanka Alami Krisis Ekonomi

Sri Lanka telah mengurangi impor bahan kimia pertanian, mobil dan bahkan kunyit bumbu pokoknya karena cadangan devisanya saat ini sudah berkurang. Hal ini tentu sangat menghambat kemampuannya untuk membayar utang yang menumpuk. Negara kepulauan Asia Selatan ini berjuang untuk pulih dari pandemi.

Sikat gigi, kerai, stroberi, cuka, tisu basah, dan gula merupakan di antara ratusan barang buatan luar negeri yang dilarang di Sri Lanka atau barang-barang ini dibuat tunduk pada persyaratan lisensi khusus yang dimaksudkan untuk mengurangi defisit perdagangan. Defisit ini telah memperdalam kesulitan keuangan negara untuk tahun-tahun mendatang.

Kekurangan ini mendorong harga lebih tinggi untuk banyak barang konsumsi, dari roti hingga bahan bangunan hingga bensin.

Suchitha Vipulanayake kehabisan sepeda motor untuk dijual pada Agustus 2020. Biasanya mampu menjual setidaknya 30 sebulan, dan selusin becak bermotor, sekarang ia hanya dapat menjual pasta kunyit lokal dan bola lampu LED dalam kemasan.

“Ini adalah sesuatu yang tidak pernah kami duga,” kata Vipulanayake sambil duduk di ruang pamer sepeda motornya yang kosong di sepanjang jalan di luar ibukota Kolombo.

Sri Lanka berada dalam masalah sebelum pandemi melanda. Pandemi menjatuhkan industri pariwisata yang merupakan sumber penting pendapatan devisa. Ini biasanya menyediakan pekerjaan bagi lebih dari 3 juta orang dan menyumbang sekitar 5 persen dari PDB negara.

Turis sudah menjauh setelah bom bunuh diri mematikan pada Hari Paskah 2019 menewaskan lebih dari 250 orang. Tetapi upaya untuk menghidupkan kembali industri ini gagal karena negara itu mengalami gelombang infeksi COVID-19 lainnya.

Sekarang, cadangan devisa negara telah menyusut menjadi hampir tidak cukup untuk membayar impor selama tiga bulan pada saat pembayaran utang luar negeri dalam jumlah besar jatuh tempo, membebani sistem keuangannya. Menteri Perminyakan Udaya Gammapilla baru-baru ini mengatakan negara itu kekurangan uang tunai untuk membayar impor minyak.

Untuk menghemat devisa yang berharga, pemerintah membatasi transaksi dolar AS. Meskipun ada batasan yang diberlakukan tahun lalu, impor masih melebihi ekspor teh, karet, makanan laut, dan garmen negara itu.

“Kondisi ekonomi dalam kesulitan, tidak ada keraguan tentang itu,” kata Muttukrishna Sarvananthan, kepala kelompok penelitian ekonomi Institut Pengembangan Point Pedro.

Sri Lanka perlu melakukan pembayaran utang luar negeri sebesar $3,7 miliar tahun ini, setelah membayar $1,3 miliar sejauh ini. Itu di luar utang lokal, menurut bank sentral. Mata uangnya secara bertahap melemah terhadap mata uang utama lainnya, membuat pembayaran seperti itu lebih mahal dalam istilah lokal.

Fitch Ratings telah menurunkan peringkat Sri Lanka ke kategori CCC-nya, menunjukkan kemungkinan gagal bayar yang nyata. Dikatakan kewajiban utang luar negeri negara itu akan membengkak menjadi $29 miliar selama lima tahun ke depan.

Dan itu menghadapi kemungkinan hilangnya status perdagangan preferensial untuk ekspor garmennya ke Eropa karena kritik atas undang-undang terorisme yang menurut para kritikus melanggar hak asasi manusia.

Untuk membantu membangun kembali cadangannya, Sri Lanka memperoleh fasilitas swap senilai $1,5 miliar dari China awal tahun ini. Pertukaran $ 400 juta dari India akan tersedia pada bulan Agustus, menurut Bank Sentral.

Para pejabat mengatakan mereka berharap untuk menarik lebih banyak investasi asing dan menghindari mencari bantuan dari Dana Moneter Internasional, yang cenderung memaksakan kondisi kebijakan yang ketat pada peminjamnya.

Keputusan pemerintah pada bulan April untuk melarang penggunaan bahan kimia pertanian, memerintahkan petani untuk beralih ke pertanian organik, bertujuan untuk menghemat $400 juta per tahun untuk impor.

Tekanan juga ada pada pembuat garmen, karena UE meninjau perlakuan tarif yang menguntungkan untuk produk Sri Lanka di bawah GSP, atau sistem preferensi umum. Hal demikian menghilangkan bea masuk atas sebagian besar produk Sri Lanka, seperti tekstil, teh dan ikan, suatu keuntungan senilai sekitar $360 juta per tahun, menurut UE. Keputusan tidak akan jatuh tempo sampai tahun depan.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 189