Global ReviewInternasional

Tentara Libanon Hentikan Kapal yang Membawa 90 Imigran di Pantai Qalamoun

Tentara Libanon menginformasikan pada hari Sabtu (20/11/2021) bahwa pihaknya telah menemukan 91 orang termasuk pengungsi Suriah dan Palestina yang hendak Libanon secara ilegal. Wanita dan anak-anak termasuk di antara kelompok yang dicegat patroli angkatan laut di lepas pantai Qalamoun di Lebanon utara.

Kapal itu hampir tenggelam karena cuaca buruk dan semua yang ada di dalamnya diselamatkan dan dibawa ke pantai.

Republik Siprus, anggota Uni Eropa yang hanya berjarak 160 kilometer (100 mil) dari Libanon, sering dijadikan sebagai tujuan utama bagi para calon migran yang mencoba melarikan diri dari Lebanon, sebuah negara yang saat ini terperosok dalam krisis ekonomi dan politik.

Pada hari Jumat pasukan keamanan Libanon mengatakan mereka telah menggagalkan upaya  82 orang untuk menyeberang secara ilegal melalui laut dari Libanon ke Eropa.

Pasukan Keamanan Dalam Negeri mengatakan pihaknya telah menggerebek sebuah “resor wisata” di daerah Qalamoun pada Kamis setelah mendapat informasi.

Pasukan keamanan menemukan “82 orang, termasuk pria, wanita, dan anak-anak, yang berencana pergi ke Eropa melalui laut secara ilegal dengan biaya $ 5.000 per orang,” paparnya tanpa menyebutkan kewarganegaraan mereka.

Jumlah orang yang mencoba melakukan penyeberangan laut mematikan dari Lebanon telah melonjak sejak krisis keuangan negara itu yang dimulai pada 2019.

Sebagian besar calon migran berasal dari Suriah, tetapi semakin banyak warga negara Lebanon yang juga mencoba melakukan perjalanan berbahaya tersebut.

Sekitar 80 persen penduduk Lebanon diperkirakan hidup di bawah garis kemiskinan, seperti yang didefinisikan oleh organisasi internasional, dan pound Lebanon telah kehilangan 90 persen nilainya terhadap dolar di pasar gelap.

Lebanon mengatakan menampung lebih dari 1,5 juta warga Suriah, hampir satu juta di antaranya terdaftar sebagai pengungsi di PBB.

Perkiraan resmi menyebutkan jumlah pengungsi Palestina di negara itu pada 180.000 tetapi jumlah sebenarnya bisa mencapai 500.000.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *