Global ReviewInternasional

Saudi Siap Dukung Taliban sebagai Pemerintah Baru di Afghanistan

Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada hari Rabu (08/09/2021) seperti dilansir Saudi Press Agency. mengatakan Saudi akan tetap mendukung rakyat Afghanistan dalam tiap “tahap penting” sejarah negara ini. 

Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan Kerajaan Saudi juga mendukung pilihan rakyat Afghanistan mengenai masa depan negara mereka. 

Menteri luar negeri mengatakan Arab Saudi berharap Taliban dan semua pihak Afghanistan akan bekerja untuk menjaga perdamaian dan keamanan serta melindungi kehidupan dan harta benda warga sipil.

Kerajaan juga berharap pembentukan pemerintahan sementara akan menjadi langkah ke arah yang benar untuk mencapai keamanan dan stabilitas, penolakan kekerasan dan ekstrimisme, dan membangun masa depan yang cerah, katanya.

Dia menambahkan bahwa Kerajaan sangat mementingkan berbagai macam cara untuk mendukung langkah-langkah negara ini dalam mengatasi tantangannya saat ini.

Pangeran Faisal membuat pernyataan pada pertemuan virtual para pejabat dari 22 negara serta NATO, Uni Eropa dan PBB sehari setelah Taliban mengumumkan pemerintahan sementara mereka.

Baca juga :   Pemerintah Diwanti-wanti Pastikan KPPS Pemilu 2024 Terproteksi BPJS Ketenagakerjaan

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan rekannya dari Jerman Heiko Maas menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, pada hari Selasa, Taliban mengumumkan pemerintahan sementara setelah menguasai negara itu pada pertengahan bulan lalu.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188