Global ReviewInternasional

Perundingan Kesepakatan Nuklir Iran Dimulai Lagi di Wina Hari ini

Negosiasi antara Iran dan kekuatan dunia yang bertujuan untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 yang masih belum menemu kejelasan telah dilanjutkan di Wina. Perundingan ini dilakukan setelah jeda beberapa hari karena ada gesekan di antara kedua pihak. Teheran menambah syarat lebih untuk kesepakatan nuklir pekan lalu yang dikecam keras oleh negara-negara Eropa.

Pada hari Kamis (09/12/2021), perundingan dari negara-negara yang tersisa – Iran, Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan Cina – akan dimulai pada tengah hari dan dipimpin oleh diplomat Uni Eropa Enrique Mora.

Amerika Serikat telah berpartisipasi secara tidak langsung dalam perundingan tersebut. Hal demikian karena AS menarik diri dari kesepakatan nuklir pada 2018 di bawah Presiden Donald Trump saat itu. Presiden Joe Biden telah mengisyaratkan bahwa pemerintahannya ingin bergabung kembali dengan kesepakatan itu. Washington berencana mengirim delegasi yang dipimpin oleh Robert Malley, utusan khusus AS untuk Iran, ke Wina akhir pekan ini.

Baca juga :   BKSAP Dukung Aksi ‘Walk Out’ Menlu Retno Menentang Israel di DK PBB

Diplomat Eropa mendesak Teheran untuk kembali kepada  “proposal realistis” setelah delegasi Iran membuat banyak tuntutan pekan lalu. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan minggu ini bahwa AS berharap putaran pembicaraan berikutnya “berjalan secara berbeda”.

Dorsa Jabbari dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Wina, mengatakan para pejabat Iran telah memperingatkan bahwa komentar dari para pejabat Eropa dapat merusak proses perundingan.

“Menteri luar negeri Iran sendiri melakukan percakapan telepon dengan diplomat top UE yang menekankan bahwa komentar yang datang dari UE tidak konstruktif dan mereka benar-benar dapat memiliki efek merusak pada pembicaraan ini,” katanya.

“Ada perasaan bahwa 48 jam ke depan akan sangat penting,” tambahnya.

Wakil menteri luar negeri Iran Ali Bagheri Kani mengadakan pertemuan trilateral dengan delegasi China dan Rusia menjelang pembicaraan dengan semua penandatangan kesepakatan.

Perwakilan tinggi Rusia Mikhail Ulyanov pada perundingan Wina menyatakan harapan bahwa kesepakatan akhirnya bisa dicapai. Dia percaya bahwa hubungan dengan AS dan Iran “membuktikan bahwa kedua belah pihak sangat serius” untuk menghidupkan kembali kesepakatan, meskipun “visi mereka tentang cara dan sarananya yang berbeda,” katanya di Twitter.

Baca juga :   BKSAP Dukung Aksi ‘Walk Out’ Menlu Retno Menentang Israel di DK PBB

“Tugas para negosiator adalah mengatasi perbedaan-perbedaan ini. Ini layak dalam terang kesatuan tujuan, ”katanya.

Kesepakatan yang ditandatangani di Wina pada 2015, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, dimaksudkan untuk mengendalikan program nuklir Iran dengan imbalan sanksi ekonomi yang dilonggarkan.

Menyusul keputusan AS untuk menarik dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran, Teheran telah meningkatkan program nuklirnya lagi dengan memperkaya uranium di luar ambang batas yang diizinkan dalam perjanjian.

Iran juga telah membatasi pemantau dari pengawas atom PBB untuk mengakses fasilitas nuklirnya, meningkatkan kekhawatiran tentang apa yang dilakukan negara itu.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Kamis bahwa pemerintahan Biden bergerak untuk memperketat penegakan sanksi terhadap Iran dengan pengiriman delegasi senior ke Uni Emirat Arab minggu depan.

Delegasi tersebut, yang akan mencakup kepala Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS, Andrea Gacki, akan mengeluarkan peringatan kepada perusahaan-perusahaan di UEA yang tidak mematuhi sanksi, kata juru bicara Departemen Luar Negeri seperti dikutip oleh Kantor Berita Reuters.

Baca juga :   BKSAP Dukung Aksi ‘Walk Out’ Menlu Retno Menentang Israel di DK PBB

Juru bicara itu mengatakan AS memiliki bukti ketidakpatuhan, dan bahwa perusahaan-perusahaan itu nantinya dapat dikenai sanksi atau sanksi atas transaksi mereka.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *