Global ReviewInternasional

Pembicaraan Nuklir Iran Diminta Dihentikan Sementara Sampai Raisi Dilantik

Kepala perunding nuklir Iran mengatakan pada hari Sabtu (17/07/2021) bahwa putaran pembicaraan berikutnya di Wina harus menunggu sampai pemerintahan baru Iran mulai menjabat pada awal Agustus.

“Kami berada dalam masa transisi karena transfer kekuasaan secara demokratis sedang berlangsung di ibu kota kami. Pembicaraan Wina dengan demikian jelas harus menunggu pemerintahan baru kami, ”kata Abbas Araqchi di Twitter.

Pembicaraan tidak langsung AS-Iran tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 telah ditunda sejak putaran terakhir berakhir pada 20 Juni dan Iran telah menjelaskan bahwa pihaknya tidak siap untuk melanjutkan sebelum Presiden terpilih Ebrahim Raisi dilantik.

Dalam tweetnya, Araqchi juga mengatakan Amerika Serikat dan Inggris harus berhenti menghubungkan pertukaran tahanan dengan kesepakatan nuklir.

“Sepuluh tahanan dari semua pihak dapat dibebaskan besok jika AS & Inggris memenuhi bagian mereka dari kesepakatan,” katanya.

Iran, yang menahan segelintir orang Iran-Amerika, telah dituduh oleh aktivis hak-hak asasi manusia menangkap warga negara ganda untuk mencoba mengekstrak konsesi dari negara lain. Iran telah menolak tuduhan itu.

Iran mengatakan awal pekan ini bahwa pihaknya mengadakan pembicaraan tentang mengamankan pembebasan tahanan Iran di penjara-penjara Amerika dan negara-negara lain atas pelanggaran sanksi AS.

Pada bulan Mei, Washington membantah laporan yang disampaikan oleh televisi pemerintah Iran bahwa negara-negara tersebut telah mencapai kesepakatan pertukaran tahanan dengan imbalan pelepasan $7 miliar dana minyak Iran yang dibekukan di bawah sanksi AS di negara lain.

Jeda dalam pembicaraan nuklir, yang oleh pejabat AS dan Eropa dikaitkan dengan pemilihan garis keras Raisi, telah menimbulkan pertanyaan tentang langkah selanjutnya jika pembicaraan menemui jalan buntu. Departemen Luar Negeri AS telah mengakui bahwa mereka mungkin perlu memikirkan kembali pendiriannya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 189