Global ReviewInternasional

Merasa Tak Dianggap, Ahmadinejad Pilih Golput dalam Pemilihan Presiden Iran

Ketika TV pemerintah Iran menunjukkan orang-orang dengan penuh antusias berangkat untuk memberikan suara mereka pada hari Jumat (18/06/2021) dan pembawa berita menyanjung para pemilih, adegan yang sangat berbeda ditemukan di jalan-jalan Teheran. Ada banyak tempat pemungutan suara yang tampak relatif kosong.

Di tengah meningkatnya kemarahan dan sikap apatis atas pemilihan presiden yang memenangkan Ebrahim Raisi, kepala peradilan garis keras yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei menyebutkan bahwa suasana pemilihan jelas tenang.

“Tidak ada gunanya,” kata Ali Hosseini, seorang penduduk pengangguran berusia 36 tahun di Teheran selatan, tentang pelaksanaan pemungutan suara.

“Siapa pun yang memenangkan pemilu setelah beberapa waktu mengatakan dia tidak bisa menyelesaikan masalah ekonomi karena intervensi orang-orang asing. Dia kemudian melupakan janjinya dan kami orang miskin akan kecewa lagi.”

Di 16 tempat pemungutan suara yang berbeda di seluruh Teheran, para saksi menggambarkan barisan pemilih sebagai “pendek” karena tidak lebih dari delapan pemilih dapat terlihat memberikan suara.

 

Beberapa jajak pendapat tetap hampir kosong sepanjang hari. Petugas polling yang lesu mendengarkan radio negara, melihat ponsel mereka, atau mengobrol dengan tenang.

Farid Mahoutchi, juru bicara Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI), sebuah kelompok oposisi yang berbasis di Eropa, mengatakan bahwa menurut laporan, gambar, dan klip video dari tempat pemungutan suara di 220 kota di 31 provinsi, “palsu”.

Laporan dari staf TPS di banyak daerah di Teheran, seperti Masjid Qamar Bani Hashem, Armaghan Alam, dan TPS di distrik kedua Teheran, yang mencakup 64 TPS, menunjukkan partisipasi Iran sangat sedikit.

“Tidak ada kandidat yang dapat dipercaya,” kata Nasrin, seorang akuntan berusia 31 tahun di Teheran tengah.

Pejalan kaki lain di distrik kelas menengah Teheran, Rojin Ahmadi, 23 tahun, mengatakan: “Tidak ada dari mereka yang berani menawarkan rencana untuk menunjukkan bahwa mereka akan membawa negara menjadi normal.”

Mantan presiden populis garis keras Mahmoud Ahmadinejad menangkap kemarahan rakyat dengan mengulangi keputusannya untuk tinggal di rumah dan tidak memilih. Dia memperingatkan bahwa proses yang sangat dibatasi akan menghasilkan pemerintahan tanpa legitimasi domestik atau internasional.

“Saya tidak akan memilih. Dan alasan utamanya adalah saya menyaksikan sebagian besar orang dikesampingkan dalam pemilu ini,” katanya kepada The Daily Telegraph.

“Pemerintah yang lemah akan berkuasa. Dan pemerintahan yang lemah akan melemahkan situasi di Iran. Ini akan melemahkan situasi domestik dan akan melemahkan hubungan kita dengan dunia. Itu akan mengubah hubungan kita dengan seluruh dunia melawan Iran.”

Di Lebanon, Kedutaan Besar Iran mendirikan tiga tempat pemungutan suara — satu di dalam kedutaan dan yang lainnya di kota Nabatiyeh di Lebanon selatan dan di kota Baalbek.

Ketika ditanya tentang jumlah orang Iran di Lebanon, seorang pejabat media dari kedutaan mengatakan kepada Arab News: “Mengungkapkan jumlah ini bukan untuk kepentingan kedutaan.”

Jumlah pemilih rendah di Nabatiyeh meskipun banyak keluarga asal Iran yang tinggal di daerah tersebut.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188