Global ReviewInternasional

Langgar Aturan Sendiri terkait Larangan Perjalanan, PM Israel Dapat Kecaman

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mendapat kecaman Kamis (02/12/2021) setelah istri dan anak-anaknya terbang ke luar negeri hanya beberapa hari setelah pemimpin Israel tersebut mendesak warganya untuk menghindari perjalanan internasional karena varian virus corona baru.

Gilat Bennett dan anak-anaknya berangkat pada hari Rabu untuk kunjungan pribadi. Akibatnya badai kritik terhadap perdana menteri tersebut bermunculan karena tidak mengikuti aturan yang dibuatnya sendiri.

Perjalanan Bennet dan keluarga dilakukan setelah Israel memperketat pembatasan perjalanan karena munculnya varian omicron. Israel menutup perbatasannya untuk pengunjung asing dan melarang perjalanan ke sebagian besar negara Afrika. Namun  orang Israel masih diizinkan terbang ke negara lain dan harus dikarantina ketika mereka kembali.

Peristiwa ini dibandingkan dengan insiden di awal pandemi, ketika mantan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan mantan Presiden Israel Reuven Rivlin menghabiskan liburan Paskah bersama anggota keluarga mereka yang tinggal di luar tempat tinggal mereka, bahkan ketika mereka mendesak orang Israel untuk merayakannya jauh dari kerabat mereka. Hal itu memicu kecaman dan menimbulkan pertanyaan tentang kepercayaan publik pada para pemimpin Israel pada saat krisis besar ini.

Bennett diserang oleh saingan politiknya dan setiap hari orang Israel ingin kembali normal.

“Ini adalah bukti perilakunya, tanggung jawabnya kepada publik, kurangnya contoh pribadi. Dia pikir dia bisa melakukan apa yang dia inginkan,” kata anggota parlemen oposisi Israel Katz kepada Radio Tentara Israel.

Orang-orang Israel turun ke media sosial untuk mencaci-maki perdana menteri di halaman media sosialnya, mempertanyakan kepemimpinannya.

“Kirim salam kepada keluarga di luar negeri sementara kita semua mendekam di sini dengan pembatasan,” tulis seorang pengguna bernama Anna Gechtman.

Dalam postingan di Facebook Rabu menjawab pertanyaan tentang varian baru, Bennett ditanya tentang perjalanan keluarganya dan mengatakan bahwa keluarganya tidak melanggar aturan perjalanan baru. Bennet mengatakan keluarganya terbang ke negara yang kemudian dilarang untuk bepergian bagi orang Israel dan lalu mereka mengubah destinasi mereka. Bennet juga mengatakan bahwa virus telah menyebar sejak keputusannya untuk membatasi perjalanan.

“Saya mengerti kritiknya,” tulis Bennett. “Semua orang pergi sambil mengikuti pembatasan dan tentu saja akan dikarantina sesuai kebutuhan.”

Bennett pada hari Jumat mengumumkan langkah-langkah yang diperketat dalam konferensi pers pada hari Jumat. Dia menasihati orang Israel untuk tidak repot-repot memesan liburan karena dia berharap lebih banyak negara akan ditambahkan ke daftar larangan bepergian.

“Jika Anda bertanya kepada saya, saya tidak merekomendasikan terbang ke luar negeri saat ini dengan tingkat ketidakpastian seperti itu,” katanya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 188

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *