Global ReviewHukum-KriminalInternasionalKlik News

Korban Milisi Kaniyat Ditemukan Di Tarhouna Libya, Keluarga Minta Keadilan

Selama hampir tujuh tahun, dari 2014 hingga 2020, kota Tarhouna, selatan Tripoli, hidup di bawah kekuasaan milisi yang haus darah yang dikenal sebagai milisi Kaniyat. Eksekusi mati, pembantaian dan penghilangan paksa adalah peristiwa sehari-hari yang dialami penduduk. Sejak Juni lalu, milisi Kaniyat melarikan diri setelah sekutu mereka Khalifa Haftar dikalahkan.  Kuburan masal pun ditemukan dan banyak keluarga korban menuntut keadilan.

Abdelkarim Abouklich menatap makam dengan tatapan kesedihan. Dengn menghadap ke lembah yang ditanami kebun zaitun yang sangat besar, pemakaman tersebut tampaknya didominasi oleh kuburan yang baru digali. “Sebelumnya, di wilayah ini, kuburan tidak melebihi puncak tanggul ini,” jelas Abdelkarim.

“Ketika milisi Kaniyat tiba, jumlah kuburan meningkat secara drastis.”

Bertahun-tahun Tarhouna, kota yang terkenal dengan penanaman pohon zaitun kuno, hidup di bawah pemerintahan milisi kejam yang haus darah yang dikenal dengan sebutan milisi Kaniyat. Eksekusi mati, pembantaian dan penghilangan paksa merupakan tindakan yang dialami sehari-hari oleh penduduk. Terlebih lagi ketika kota itu pada tahun 2019 menjadi pangkalan strategis bagi Marsekal Khalifa Haftar dalam serangannya yang gagal terhadap Tripoli.

Abdelkarim Abouklich melihat sebagian besar keluarganya mati atau hilang di bawah pemerintahan Kaniyat, julukan “Brigade ke-7”, milisi yang dipimpin oleh Muhammad al-Kani, yang rakus akan kekuasaan dan uang.

Setelah bertahun-tahun didukung pemerintah di Tripoli, Kaniyat bergabung dengan pihak musuh pemerintah, yaitu pihak panglima tertinggi Tentara Nasional Libya yang memproklamirkan diri sebagai penguasa pada 2019, Khalifa Haftar. Dan celakalah mereka yang tidak mengikuti. Mereka dibantai.

Abdelkarim Abouklich  melihat foto-foto keluarganya yang sudah menjadi almarhum, termasuk foto saudara laki-lakinya, seorang kepala suku, Mabrouk Abouklich. “Dalam foto-foto ini, anda melihat ketiga putra Mabrouk, keponakan saya. Dia adalah Osama termuda. Dia bekerja untuk Kaniyat. Suatu hari mereka menawarkan untuk mengadakan pemblokiran jalan dan keesokan harinya mereka membunuhnya dengan alasan telah bertengkar dengan salah satu anak buah mereka. Kakak saya, Mabrouk, pergi untuk melihat apa yang terjadi dengan putranya yang lain Abderrazak, seorang dokter di universitas. Kami memohon agar mereka tidak pergi. Kaniyat adalah penjahat, ” kenangnya.

Keluarga itu tidak melihat anak-anak mereka sejak itu. “Kami menunggu dan menunggu. Ponsel mereka dimatikan. Mereka tidak pernah kembali, ” desah sang nenek.

Pembantaian Satu Keluarga

Menurut hitungan pihak berwenang yang melacak para korban, setidaknya 350 orang telah hilang di Tarhouna sejak 2014 seiring dengan munculnya milisi Kaniyat.Puluhan keluarga seperti Abouklich harus bisa mengurus diri sendiri, tanpa bisa meratapi orang yang dicintainya.

Dalam perang terakhir, saudara-saudaranya memperkuat pemerintahan teror mereka di Tarhouna. Tetapi jauh sebelum perang terakhir bersama Haftar dan tentara bayarannya, berkat dukungan pemerintah berturut-turut di Tripoli, Kaniyat menjadi makmur. Untuk mempertahankan Tarhouna, yang secara historis merupakan benteng Qadhafi, demikian amanat yang diberikan oleh kubu ultrarevolutionaries dan Islamis kepada Kaniyat. Berapapun biayanya.

Di bawah pemerintahan Fayez al-Sarraj yang ditunjuk oleh PBB, pembantaian keluarga Osama, keluarga Abouklich terjadi pada 17 April 2017.

“Sekitar pukul 13.30, tetangga memberi tahu kami bahwa putra saudara perempuan saya mengalami kecelakaan mobil dan meninggal di depan rumah sakit,” kata Umm Hana Abouklich, yang tiga saudara laki-laki dan satu keponakannya meninggal hari itu.

“Ketika kami tiba, kami menemukan rumah saudara perempuan saya dikelilingi oleh segerombolan milisi dengan semua jenis senjata, berat dan ringan. Mereka semua terbunuh pada saat bersamaan. Dalam sekejap… 5 menit, 10 menit. Prajurit menembak mereka di depan rumah. Tanpa alasan. Mereka datang untuk membunuh orang tak berdosa di tengah Ramadhan, ”ujarnya dengan suara lirih.

 

Pejabat Barat Bertemu dengan Kaniyat

Ini merupakan sepenggal kisah yang sekarang terkenal di Tarhouna. Kisah pembantaian keluarga Basboussa. Tapi kenapa ini terjadi? Apa yang telah dilakukan saudara-saudara Umm Hana sehingga pantas dieksekusi di siang hari bolong dengan tembakan senjata? Apakah karena mereka tidak ingin bergabung dengan milisi Kaniyat?

“Saudaraku Rajab adalah seorang tentara,” Oum Hana mengakui. Ya, dia tidak pernah menyangkalnya. Di bawah pemerintahan Muammad Ghaddafi, Rajab menjalankan tugasnya di Chad, Lebanon dan Uganda. Tetapi saudara laki-laki saya menolak menjadi penjahat, membunuh, mencuri. Kami bukan untuk Revolusi seperti ini dan kami tidak ingin bergabung, ” jelas saudari yang berduka.

Lebih dari delapan bulan setelah kuburan massal ditemukan, banyak kerabat korban menunggu untuk dapat mengidentifikasi mereka dengan DNA. Tetapi identifikasi melalui DNA ini lambat terwujud. Di markas besar Asosiasi Keluarga Korban di Tarhouna, Ousama Abouklich, sepupunya, menyerukan keadilan bagi keluarganya. “Apa yang terjadi diketahui semua orang: pemerintah di Tripoli, masyarakat internasional,” kata pemuda itu. Ada semacam pembiaran terhadap aksi pembantaian ini. Bahkan duta besar Prancis dan Ghassan Salamé, mantan utusan khusus PBB, datang mengunjungi Kaniyat di sini pada 2018,” kenang Osama dengan getir.

Pada saat itu, berbagai upaya sedang dilakukan untuk memulai proses politik  paling inklusif di bawah naungan komunitas internasional. Tetapi dengan meluncurkan serangan di Tripoli pada tahun 2019, Marsekal Haftar mengakhirinya, dengan bantuan sekutunya di Tarhouna. Sejak serangan itu gagal, mereka yang tersisa dari Kaniyat telah berlindung di Libya timur, benteng Marsekal.

Keluarga Abouklich secara resmi mencabut hukum pembalasan yang masih mengatur hubungan antar klan di Tarhouna. Tapi di ruang keluarga Abouklich, Mabrouka memperingatkan: “Beri mereka makanan dan minuman!” Wanita tua yang saya katakan: suatu hari Anda akan melihat kuburan massal di Benghazi. Oh, teman-teman dari timur, apa yang terjadi di Tarhouna akan terjadi pada Anda juga. “

 

Penerjemah: Abdul Aziz

Sumber:https://www.rfi.fr/fr/afrique/20210308-libye-%C3%A0-tarhouna-les-fant%C3%B4mes-de-la-discorde

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,286