Regional

Sultan Oman Rencanakan Kunjungan Dua Hari ke Iran

MUSCAT: Sultan Haitham bin Tariq dari Oman akan memulai kunjungan dua hari ke Iran pekan ini, kata media pemerintah Oman, Rabu.

Kunjungan yang akan dimulai pada hari Minggu mengikuti kesepakatan pemulihan hubungan yang ditengahi China antara Arab Saudi dan Iran yang diumumkan pada bulan Maret.

“Sultan Haitham bin Tariq akan melakukan kunjungan resmi dua hari ke Iran… sebagai tanggapan atas undangan dari presiden Iran,” kata kantor berita resmi Oman.

“Kunjungan itu juga akan membahas cara mempromosikan kerja sama antara Oman dan Iran di berbagai bidang.”

Kunjungan tersebut dilakukan setahun setelah Presiden Iran Ebrahim Raisi mengunjungi Muscat – sebuah perjalanan yang melihat kedua negara menandatangani serangkaian kesepakatan perdagangan.

Oman memiliki hubungan dekat dengan Iran dan memainkan peran mediasi antara Teheran dan Washington dalam membangun kesepakatan nuklir yang dicapai pada 2015.

Pembicaraan stop-start dimulai pada April tahun lalu untuk memulihkan kesepakatan, setelah AS secara sepihak menarik diri darinya pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran, mendorong Teheran untuk membatalkan komitmennya.

Sumber: AFP

What's your reaction?

Related Posts

1 of 44

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *