Info Klikers

Tekun Melakukan Sholat, Meningkatkan Kinerja Otak

Tahukah kalian, Tekun dalam melakukan sholat bisa meningkatkan kinerja otak?. Setelah dilakukan penelitian dari sudut pandang ilmu mengenai kekebalan tubuh, terutama dari sudut pandang psikologis, ternyata ditemukan bahwa dengan melakukan Sholat secara rutin dapat membuat otak bertambah cerdas.

Salah satu gerakan sholat , yaitu sujud. Gerakan sujud di lakukan dengan meletakkan kepala pada posisi yang paling rendah, juga akan membantu seseorang untuk merendahkan diri di hadapan Allah SWT. 

Dalam penelitian dari sudut pandang ilmu mengenai kekebalan tubuh, terutama dari sudut pandang psikologis, di temukan bahwa dengan melakukan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak dapat menerima pasokan darah yang banyak.

Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang kemungkinan darah mengalir secara maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan suplai yang kaya oksigen untuk memacu kerja sel-selnya. 

Dengan mendapatkan pasokan makanan yang sehat secara rutin, otak dapat bekerja secara maksimal. Dengan demikian, rutin dan istiqamah dalam menjalankan salat dapat membuat otak bertambah cerdas.

Baca juga :   Hidayatullah: Jor-Joran Bansos Diduga Penyebab Beras Langka dan Mahal

Dari uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa selain bernilai ibadah, sholat juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Sebagai amalan ibadah yang proporsional bagi anatomi tubuh manusia, ia disertai dengan gerakan-gerakan yang sudah sangat melekat dengan gestur ketika dilakukan dengan tenang, santai, dan penghayatan makna-makna di dalamnya. Maka, sholat sangat cocok sebagai “nutrisi” untuk semua kalangan tanpa membedakan usia. Sholat juga tidak beresiko mencederai tubuh, bahkan menyehatkan.

Referensi: KALIMASADA.2016. Kearifan Syariat. Kediri: Lirboyo Press & An-Najma.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 782

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *