Info Klikers

Kemenpora Sosialisasikan Muda Memilih pada Komunitas Cosplayer Melalui Wakai Fest

Upaya meningkatkan partisipasi para pemuda dalam Pemilu 2024 terus dilakukan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui program Muda Memilih. Salah satunya lewat penyelenggaraan Wakai Fest yang menyasar komunitas cosplayer dan penggemar budaya Jepang di ballroom Mall Pesona Depok, Minggu (21/1) siang.

 

Akbar perwakilan Tim Staf Khusus Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga menjelaskan, Wakai Fest merupakan salah satu inisiatif Kemenpora untuk bisa menyukseskan Pemilu 2024. Dalam kegiatan ini disajikan gelar wicara Muda Memilih yang membahas pentingnya anak muda ikut berpartisipasi memberikan suaranya.

 

“Melalui program ini memang Kemenpora mencoba untuk mendorong bagaimana pendidikan politik bisa sampai ke komunitas-komunitas yang jarang disentuh pemerintah,” sebut Akbar.

 

Sebelumnya Kemenpora telah secara rutin menyosialisasikan Pemilu kepada komunitas-komunitas kepemudaan. Dalam Wakai Fest ini misalnya, Kemenpora menggandeng komunitas cosplayer.

 

“Sekarang kami bekerja sama dengan Cosuforum ID, mendorong bagaimana pendidikan politik ini bisa masuk ke teman-teman cosplayer, teman-teman wibu yang memang mungkin masih jarang mendapatkan pendidikan politik secara kreatif dan inovatif,” jelas Akbar. 

Baca juga :   Terima Audiensi Chairman Jababeka Tbk, Menpora Dito Dukung Pengembangan KEK Bidang Olahraga

 

Dalam hal ini Kemenpora mengharapkan para pemuda pelaku dan penggemar cosplay berikut anak-anak muda pencinta budaya Jepang bisa fokus untuk juga ikut memilah program-program dari calon presiden. Khususnya dalam memilih sosok yang tepat yang memang cocok untuk anak muda ke depan dan juga menagih janji-janji para calon bila nanti terpilih menjadi presiden.

 

“Jadi program ini benar-benar mendorong anak-anak muda cosplayer, wibu, untuk bisa berpartisipasi untuk masa depan Indonesia. Terutama untuk bisa aktif memilih di Pemilu 2024,” tegas Akbar.

 

“Kemenpora sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan ini bisa menjadi satu lompatan untuk Kemenpora dapat lebih relevan dan kontekstual untuk anak-anak muda di Indonesia,” sambungnya.

 

Wakai Fest diikuti ratusan cosplayer dan dihadiri ribuan pengunjung baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Kesemuanya antusias mengikuti rangkaian acara mulai dari kompetisi catwalk, penampilan DJ dan idol, serta gelar wicara. Bertajuk “Cosplayer Bicara Masa Depan Indonesia, gelar wicara menghadirkan narasumber Bilal Soekarno selaku Direktur Eksekutif Warga Muda dan Abbay dari Cosuforum ID. (luk)

Baca juga :   Kaji Ulang Pendanaan PTNBH Kerja Sama dengan Pinjol untuk Bayar Kuliah

What's your reaction?

Related Posts

1 of 780

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *