berita klikersInfo KlikersKlik News

RTIK Sumut Bentuk Pandu Digital dan Kick Off Literasi Digital Provinsi Sumatera Utara

Medan – Pengurus Wilayah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Sumatera Utara (RTIK Sumut) dipercaya oleh Kementerian Kominfo RI.

Sebagai penyelenggara Pembentukan Pandu Digital dan Kick Off Literasi Digital bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara dan beberapa komunitas tenaga pengajar di Sumatera Utara, kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2023.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan secara hybrid di Aula Amir Hamzah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, diikuti oleh kurang lebih dari 220 peserta luring dan 200 peserta daring yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik dari SMK di Provinsi Sumatera Utara, dosen dan mahasiswa serta pelaku konten kreator di Provinsi Sumatera Utara.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara produktif, smart, positif dan kreatif serta memiliki integritas sehingga dapat meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill untuk memaksimalkan manfaat dari internet dan meminimalisir dampak negatif internet.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai “sedang” yaitu sebesar 3.54 dari 5.00, Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Utara masih berupaya keras agar dapat masuk dalam ranking 10 besar sebagai provinsi yang memiliki Indeks Literasi Digital dengan predikat Baik.

Dalam merespon hal tersebut, RTIK Sumut berkolaborasi dengan Dinas Kominfo Provsu dan Dinas Pendidikan Provsu serta sejumlah lembaga pendidikan dan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara untuk melakukan literasi kepada masyarakat di sektor pendidikan mengenai materi yang didasarkan pada 4 pilar utama Literasi Digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Kegiatan rencananya dibuka dengan acara seminar yang diawali oleh sambutan dari Perwakilan Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Frida Aprilia kemudian Motivasi kebangkitan semangat literasi digital Provinsi Sumatera Utara yang akan disampaikan oleh DR. Dedi Iskandar Batubara (Anggota DPD/MPR RI sekaligus Pembina RTIK Sumut).

Meilan selaku Ketua Panitia acara dalam hal menyampaikan tentang kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sengaja mengundang bang Dedi Iskandar sebagai Pembina RTIK Sumut untuk memulai peluncuran Gerakan Literasi Digital Provinsi Sumatera Utara sehingga akan mendapat dukungan dan motivasi dari tokoh masyarakat Sumatera Utara yang memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan indeks tersebut, “Ungkap Meilan.

Kegiatan ini rencananya akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, DR. H. Asren Nasution, MA agar menghimbau seluruh jenjang Lembaga Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk ikut meningkatkan literasi digital peserta didik.

Fajri Harahap sebagai Wakil Ketua panitia pelaksana juga menerangkan kegiatan acara Literasi digital juga di hadiri langsung oleh Ketua Umum PP RTIK.

“Dalam seminar Kick Off ini menghadirkan narasumber yang kompeten dalam Literasi Digital yang pertama Ketua Umum PP RTIK Indonesia bung Fajar Eri Dianto, langsung membawa rombongan pengurus pusat agar membagi pengalaman dalam membangun strategi Pembentukan Pandu Digital dari beberapa daerah yang sudah berhasil bermitra dengan RTIK, kemudian menghadirkan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara, tokoh yang sangat akrab dengan jurnalis tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Nasional serta sebagai Dinas yang memiliki KPI salah satunya adalah literasi digital dan kami menganggap dalam kepemimimpinan beliau beberapa bulan di Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara sudah terlihat beberapa indikator kinerja yang tercapai, “Terang Fajri Harahap.

Selanjutnya Panitia Peleksana kegiatan Literasi Digital juga menyampaikan.

“Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, bapak DR. H. Asren Nasution, MA sebagai stake holder utama dalam menggerakkan dunia Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk memenuhi target indikator dari Indeks Literasi Digital, serta narasumber terakhir adalah bang Anwar S. Siregar sebagai Ketua Umum Pengurus Wilayah RTIK Provinsi Sumatera Utara yang dipercayakan untuk mengemban amanah memimpim aspirasi para praktisi/digital talent dari beberapa komunitas di Provinsi Sumatera Utara, “Ungkap Hasief sebagai panitia pelaksana.

Selain acara seminar, juga akan diadakan workshop literasi digital yang terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas Peningkatan Skill Dalam Pengelolaan Media Sosial dan satu kelas workshop lagi adalah Platform Pelayanan Pendidikan Indonesia di Era Kurikulum Merdeka, masih dalam rangkaian acara tersebut juga akan diadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama 3 (tiga) pihak dalam peningkatan literasi digital tersebut yaitu antara RTIK Sumut, 7 (tujuh) Perguruan Tinggi dan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan, ada 6 (enam) poin agenda kerjasama yang akan dilakukan.

Terakhir Anwar Sadat Siregar selaku Ketua Umum RTIK Sumut menyampaikan.

“Dalam penyelenggaraan Roadshow Literasi Digital ini, ada 4 SMK yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, melalui Kabid SMK serta 2 Perguruan Tinggi yang dianggap memiliki peserta didik yang tepat untuk mendapatkan materi Pandu Digital dalam bulan Juli ini, karena direncanakan, akan diadakan lagi Roadshow yang sama sebagai keberlanjutan kegiatan ini pada bulan Sptember di beberapa Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, mari kita sukseskan Program Pandu Digital secara nasional dan kita dukung pembangunan Provinsi Sumatera Utara, ” Terang Anwar Ketua Umum RTIK Sumut. (*

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,775

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *