Special Klik

Tidak Kuat Bayar Sewa Kios, Toko Buku Cak Tarno Pindah dari FIB UI

Toko buku legendaris milik Cak Tarno dalam waktu dekat tidak akan kita jumpai lagi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI). Cak Tarno akan memindah toko bukunya ke Kelurahan Serua, Bojongsari, Depok.

 

Berdasarkan informasi yang didapat dari tempo.co, Cak Tarno memutuskan pindah karena biaya sewa kios terlampau mahal.

Kios dengan 3X5 meter yang awalnya ia sewa dengan harga Rp9 juta per tahun dinaikkan oleh pihak kampus menjadi Rp17 juta per tahun.

“Biaya sewanya naik sejak awal semester ini, dari awalnya Rp9 juta per tahun, dinaikkan menjadi sekitar Rp17 jutaan,” kata Cak Tarno, seperti yang dikutip dari tempo.co, Selasa (19/03/2019).

Menurut keterangan Cak Tarno, kepindahannya itu murni karena ketidakmampuannya membayar sewa kios. Ia tidak tahu alasan pihak kampus menaikkan harga sewa.

“Jual buku (secara konvensional) ini kan sudah nggak bisa sangat profit banget, sudah banyak lapak buku online apalagi sekarang sudah ada buku digital, saya masih dagang buku karena kecintaan saja,” tambah Cak Tarno.

Menurut informasi yang dihimpun, toko buku Cak Tarno  bukanlah toko buku biasa. Disitu terdapat komunitas yang bernama Cak Tarno Institute (CTI).

Komunitas CTI ini rutin menggelar diskusi setiap Sabtu. Tema-tema yang didiskusikan bermacam-macam, mulai yang ringan seperti gaya hidup hingga yang berat macam filsafat.

Cak Tarno menceritakan bahwa komunitas CTI menjadi semacam ruang bagi dosen, mahasiswa, dan berbagai akademisi untuk uji mental sidang makalah.

Menurut sebuah informasi, komunitas CTI bahkan menjadi tempat uji skripsi, bagi mahasiswa sebelum menempuh ujian yang sesungguhnya di kampus.

Beberapa tokoh yang akrab dengan komunitas CTI antara lain Damhuri Muhammad, Daniel Hutagalung, Rhein Beresaby, Donny Gahral Adian, Bagus Takwin, Rocky Gerung, dan lain-lain.

“CTI Insya Allah akan saya jaga, karena ruang itu adalah ruang diskursus untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,” kata Cak Tarno.

Informasi lain menyebutkan, artis pemeran film “Ada Apa dengan Cinta,” Dian Sastro Wardoyo kerap mengunjungi toko buku Cak Tarno. Dian Sastro memang tercatat sebagai mahasiswi filsafat FIB UI sejak 2001 dan lulus 2007.

 

 

 

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *