HeadlineSpecial Klik

Selamatkan Nelayan, Kasat Sabhara Polres Minahasa Terjang Ganasnya Ombak

Kasat Sabhara Polres Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara, AKP Suprijadi, dengan penuh keberanian menerjang ganasnya gelombang laut untuk menolong seorang nelayan yang terseret ombak di Pantai Desa Ongkaw, Kecamatan Sinonsayang, Minsel, Minggu (08-01-2017) sore.

Penyelamatan ini berawal saat Tim Ranger Sabhara yang dipimpin langsung oleh AKP Suprijadi, melaksanakan patroli di wilayah kecamatan setempat. Saat melintas di Desa Ongkaw, tim mendapat laporan dari warga bahwa ada seorang nelayan yang terseret ombak. Tim pun segera mendatangi lokasi kejadian.

Saat tim tiba di lokasi, korban terlihat berada di tengah lautan sambil melambaikan tangan meminta pertolongan. Tim bersama warga pun tak bisa berbuat banyak. Kapal nelayan juga tak berani mendekati korban mengingat tingginya gelombang air laut saat itu. AKP Suprijadi lalu berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan SAR Minsel untuk menyelamatkan korban.

Bantuan yang diharapkan tak kunjung datang setelah ditunggu beberapa saat. Khawatir korban semakin jauh terseret ombak, AKP Suprijadi akhirnya memutuskan untuk langsung menolong korban.

Setelah memakai jaket pelampung dan tali pengaman yang dipegang oleh anggota Sabhara, AKP Suprijadi berenang mendekati korban. Aksi penyelamatan ini disaksikan ratusan warga yang berkerumun di pesisir pantai.

Setelah berjuang menaklukkan hantaman gelombang, AKP Suprijadi akhirnya bisa meraih tubuh korban lalu membawanya ke tepi pantai dalam keadaan selamat. Korban selanjutnya dilarikan ke RS Kalooran Amurang untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs Bambang Waskito, melalui Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo SIK, MSi, mengapresiasi upaya pertolongan yang dilakukan oleh Kasat Sabhara Polres Minsel tersebut.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada AKP Suprijadi. Dengan didasari jiwa kemanusiaan dan keberanian yang tinggi, akhirnya berhasil menyelamatkan korban,”ungkap Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Kombes Pol Ibrahim Tompo berharap, semoga hal tersebut dapat dijadikan motivasi bagi personel lainnya dalam melindungi, mengayomi, melayani, dan menolong masyarakat.

 

[***]

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,001