Info KlikersKesehatanSosial BudayaSpecial Klik

Puasa Sebagai Terapi Pengobatan di Zaman Kuno

Puasa atau adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.Puasa sudah dikenal sejak zaman kuno, terutama dalam dunia pengobatan.

Dalam dunia pengobatan klasik, puasa dipakai di antaranya oleh para dokter dari Alexandria, Mesir, pada masa pemerintahan Batlimus. seorang dokter Yunani Kuno, Hipporacrates (5 SM) sudah menyusun cara-cara puasa untuk terapi pengobatan.

Ovivo Corno menggunakan terapi puasa untuk mengobati berbagai jenis penyakit. sebelumnya, ia mencoba pada dirinya sendiri dan berhasil sembuh dari penyakit kronis yang dideritanya. 

Ia berumur hampir 100 tahun lamanya. Di penghujung hayat, ia mengarang sebuah buku tentang pentingnya puasa dalam mengobati beberapa penyakit. Buku itu berjudul “Siapa yang sedikit makan, akan berumur panjang.”

Pada abad ke-6 SM, seorang tabib dari Cina bernama Shu Jhu Chi yang hidup di Tibet menulis satu bab kahusus dalam buku kedokteranya tentang terapi puasa dan terapi makanan.

Baca juga :   Puasa Pemimpin

Epicurus, seorang filsof besar sebelum memasuki ujian akhir di Universitas Alexandria, berpuasa selama 40 hari untuk menambah kekuatan pikiran dan daya kreativitasnya.

 

Referensi :

KH. Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. 2009. Kearifan Syariat Menguak Rasionalitas Syariat dari Perpektif Filosofi, Medis dan Sosiohistoris. Kediri: Lirboyo Press.

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,342

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *