HeadlinePolitikSpecial Klik

Pembangunan Kampung Akuarium Tuntas, Anies: Bentuk Ikhtiar Penuhi Janji Kemerdekaan

Warga Kampung Akuarium merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan penuh kegembiraan setelah pembangunan tahap 1 Kampung Susun Akuarium tuntas.

Sebanyak 103 kepala keluarga (KK) mendapat hak mengelola sendiri tanah dan bangunan rumah susun di lahan bekas penggusuran di masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Melalui unggahan di Facebook resminya pada Selasa (17/08/2021), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa pembangunan Kampung Akuarium merupakan program strategis daerah yang menjadi prioritas dan dikerjakan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Terdapat dua blok bangunan lima lantai yang terdiri dari 107 unit hunian yang berdiri kokoh dan dapat mulai dihuni oleh warga Kampung Susun Akuarium.

Pembangunan Kampung Susun Akuarium dilaksanakan melalui dana kewajiban pengembang sesuai Peraturan Gubernur Nomor 112 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemenuhan Kewajiban Pembiayaan dan Pembangunan Rumah Susun Murah / Sederhana Melalui Konversi oleh Para Pemegang Izin Pemanfaatan Ruang.

“Kata kunci yang mendorong ini semua adalah kolaborasi. Kolaborasi yang dimulai sejak perencanaan, berlanjut pembangunan, serta nanti saat pengelolaan,” kata Anies.

Baca juga :   Kurangi Angka Stunting dan Kematian Ibu, Komisi VIII Komitmen Selesaikan RUU KIA

Ia melanjutkan, hal itu merupakan wujud dari kerja bersama antara warga-masyarakat, pengembang, swasta, akademisi, organisasi masyarakat sipil, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan Kampung Susun pertama di Jakarta.

Penyelesaian pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan bentuk ikhtiar untuk melunasi janji-janji kemerdekaan yang telah disepakati pendiri bangsa ini.

“Lewat kampung ini, kita semua mewujudkan sila kelima dari Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Lewat kolaborasi di sini, kita mewujudkan identitas masyarakat Indonesia yakni gotong royong,” tegas Anies.

Anies mengatakan pembangunan Kampung Susun Akuarium ini merupakan bentuk kehadiran negara membantu yang lemah, dan kewajiban swasta melunasi kewajibannya.

“Atas nama negara kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tulus pada semua pihak yang terlibat, yaitu PT Almaron Perkasa yang ikut andil membayar kewajibannya dalam bentuk Kampung Susun, kepada Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri yang terlibat sejak awal proses perencanaan sebagai bentuk partisipasi aktif warga, serta kepada setiap elemen di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mewujudkan kampung susun ini terbangun,” lanjut Anies.

Baca juga :   DPR RI Dorong Dibentuknya Komisi Perempuan di APA

Anies mengharapkan Kampung Susun Akuarium ini menjadi solusi rumah bagi warga DKI Jakarta dan mewujudkan DKI Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 1,594

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *