Special Klik

Kabupaten Cirebon Dilanda Banjir, Polisi Bantu Lakukan Evakuasi Korban

Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dilanda banjir setelah diguyur hujan lebat. Ratusan rumah di tiga kecamatan ikut terendam air, Senin (02/01/2017).

Banjir yang melanda, Kecamatan Waled, Pabedilan, Ciledug dan Gebang disebabkan luapan air Sungai Ciberes. Sementara banjir yang melanda Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug, terjadi karena saluran irigasi meluap.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon Maryono menambahkan, pihaknya mencatat ada sebanyak 1.410 rumah warga yang berada di Kecamatan Gebang terdampak musibah banjir.

“Setelah saya menerima laporan ternyata bukan puluhan rumah yang terdampak banjir, namun sampai 1.410 rumah,” ujarnya.

Ia melanjutkan dari 1.410 yang terdampak banjir, itu dibagi atas lima blok, yaitu Gebang Udik sebanyak 800 rumah, Gebang Ilir 300 rumah.

Sementara itu untuk Gebang Mekar ada 200 rumah yang terendam banjir, begitu juga Mlakasari dimana ada 100 rumah yang terendam.

“Paling sedikit kita catat itu di Gebang Kulan yang ada 10 rumah warga terkena banjir,” imbuhnya.

Baca Juga:

Suaranya Menggetarkan, Muadzin Sholat Jumat di Monas Ternyata Kapolres Cirebon

104.378 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kota Bima

Selain Bantuan Tenaga, Polres Bima Kota Bantu Penyediaan Air Bersih Bagi Korban Banjir

Ketua Petakala Grage, Deddy Madjmoe, akibat banjir yang cukup tinggi, Minggu malam lebih dari 1.000 jiwa warga Desa Ambit dan Ciuyah serta desa lainnya di Kecamatan Waled terpaksa mengungsi.

“Warga terdampak banjir Desa Ciuyah mengungsi ke GOR desa setempat, sedangkan warga Desa Ambit mengungsi ke Mushola Nurul Barokah,” ujar Dedddy.

Menurut dia, total yang terdampak banjir di Desa Ciuyah sedikitnya tercata 423 rumah, 765 kepala keluarg yang terdiri dari 2.870 jiwa. Sedangkan di Desa Ambit lebih dari 500 rumah terendam banjir.

“Ketinggian banjir di Desa Ciuyah dan Ambit Kecamatan Waled bahkan mencapai 2 meter,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resor Cirebon Kompol Bonifacius Surano, turun langsung untuk membantu masyarakat melakukan evakuasi korban banjir ke tempat-tempat pengungsian yang sudah disiapkan.

Waka Polres Cirebon didampingi Kapolsek Gebang AKP Suwondo juga ikut membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terendam air.

Kapolsek Gebang mengatakan banjir tersebut terjadi di Gebang Udik yang termasuk dalam Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon dengan ketinggian air mencapai 50 cm.[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 556