Klik NewsSosial BudayaSpecial Klik

Cendekiawan Muslim Hassan Hanafi Meninggal Dunia

Pemikir dan cendekiawan Muslim terkemuka di dunia, Hassan Hanafi, meninggal dunia pada Kamis, (21/10/2022).

Guru besar Filsafat di Fakultas Seni Universitas Kairo Mesir meninggal dalam usia 86 tahun.

Hassan Hanafi dikenal sebagai cendekiawan yang berpengaruh di Indonesia. Pemikirannya tentang pembaharuan sudah dikenal di tanah air sejak tahun 90-an.

Buku-bukunya dengan judul Turats wa Tajdid, Al-Din wa al-Tsawrah, Min al-Aqidah ila al-Tsawrah, Min al-Nash ila al-Waqi’, al-Dirasat al-Islamiyyah, al-Dirasat al-Falsafiyyah, dan lain sebagainya, jamak menghiasi perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.

Almarhum lahir di Kairo pada 1935. Dia lulus dari Fakultas Seni Jurusan Filsafat Universitas Kairo pada 1956, kemudian melakukan perjalanan ke Prancis, di mana dia memperoleh gelar master dan doktor negara dari Universitas Sorbonne pada 1966.

Dia bekerja sebagai konsultan untuk program penelitian ilmiah Universitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan dikreditkan dengan orang lain, dengan mengawasi pembentukan kembali Masyarakat Filsafat Mesir pada 1989.

Salah satu muridnya yang paling terkenal adalah almarhum pemikir Nasr Hamed Abu Zaid (1943-2010), Ali Mabrouk yang merupakan Asisten Profesor di Departemen Filsafat, Fakultas Seni, Universitas Kairo (1960-2016).

Almarhum memenangkan sejumlah besar penghargaan, terutama Penghargaan Penghargaan Negara pada 2009, Penghargaan Nil untuk Cabang Ilmu Sosial 2015, dan Penghargaan Pemikir Bebas dari Polandia dan secara resmi diserahterimakan presiden negara itu.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,601

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *