InternasionalSpecial Klik

Bashar al-Assad Naikkan Gaji 50 Persen untuk Sektor Publik

 

Harga roti di Suriah naik dua kali lipat pada hari Minggu  (11/07/2021). Lebih parah lagi, biaya bahan bakar diesel hampir naik tiga kali lipat. Naiknya harga ini disebabkan pemerintah Assad menghadapi krisis uang yang disebabkan oleh 10 tahun perang saudara dan sanksi Barat.

Damaskus telah berulang kali menaikkan harga bahan bakar dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatasi krisis keuangan, dan kenaikan terakhir mengikuti kenaikan harga bensin sebesar 25 persen minggu lalu.

Untuk meringankan kenaikan, Presiden Bashar Assad mengeluarkan dekrit yang meningkatkan gaji sektor publik sebesar 50 persen dan menetapkan upah minimum sampai 71.515 pound Suriah per bulan (setara dengan $28 pada tingkat resmi), naik dari yang semula 47.000 pound ($18).

Dia juga menaikkan pensiun sektor publik dan militer sebesar 40 persen.

Tidak jelas dari mana dana itu berasal. Seorang ekonom di Damaskus mengatakan bahwa pemerintah akan terus menaikkan harga karena krisis semakin dalam.

“Selama tidak ada uang yang masuk ke kas, kenaikan harga akan terus berlanjut,” katanya.

Suriah sekarang akan memberi harga 500 pound untuk satu liter bahan bakar diesel, naik 180 pound.

Mustafa Haswiya, dari Perusahaan Suriah untuk Penyimpanan dan Distribusi Produk Minyak, mengatakan 80 persen kebutuhan hidrokarbon Suriah dibeli dari luar negeri menggunakan mata uang asing.

“Itu perlu untuk menaikkan harga untuk mengurangi tagihan impor,” katanya.

Harga roti bersubsidi dua kali lipat menjadi 200 pound Suriah. Yayasan Suriah untuk Toko Roti yang dikelola pemerintah mengatakan kenaikan harga bahan bakar diesel telah berkontribusi terhadap peningkatan harga roti tersebut.

“Ini semua sudah diperkirakan dan sekarang kami khawatir kenaikan lebih lanjut dalam harga … makanan dan obat-obatan,” kata warga Damaskus Wael Hammoud, 41 tahun.

Harian pro-rezim Al-Watan pada hari Minggu mengatakan kenaikan bahan bakar diesel akan menyebabkan peningkatan biaya transportasi di dalam dan antar provinsi” lebih dari 26 persen.

Biaya produksi juga akan meningkat di sektor pertanian dan industri, katanya, dan biaya pemanasan rumah akan naik 178 persen.

Ekonomi Suriah telah terpukul keras oleh perang selama satu dekade, sanksi Barat, korupsi yang meluas dan yang terbaru krisis ekonomi dan keuangan yang parah di negara tetangga Lebanon. Kenaikan gaji terakhir diumumkan pada November 2019.

Dolar AS diperdagangkan sekitar 3.200 pound di pasar gelap sementara kurs resminya adalah 2.500 pound.

Hampir 80 persen warga Suriah hidup dalam kemiskinan, dan 60 persen rawan pangan – situasi ketahanan pangan terburuk yang pernah ada di Suriah, menurut PBB.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 705