Klik NewsRegional

dr. Ellyrika Yanti (Pengurus IDI): Puasa Itu Menyehatkan, Membuang Racun Dalam Tubuh dan Sembuhkan Maag

dr. Ellyrika Yanti Pengurus IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Paluta memaparkan manfaat menjalankan puasa untuk kesehatan. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa selama 12-14 jam, sesungguhnya tubuh kita dapat melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat / racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi dalam tubuh kita (sisa dan sampah hasil metabolisme tubuh) seperti gula, kholesterol, trigleserida dan garam dapat dibuang dengan optimal sehingga tidak menimbulkan penyakit kencing manis dan darah tinggi.

Menurut Ernita Manurung, MKM., Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Paluta, juga menyampaikan bahwa penderita sakit maag sebenarnya terjadi karena faktor stress, suka cemilan, makan tidak teratur dan merokok. Selain itu dikarenakan luka dalam lambung atau saluran pencernaannya. Sehingga dengan menjalankan ibadah puasa, penderita sakit maag dapat sembuh dan terbebas dari keluhan yang dirasakannya.

Terbukti sudah, bahwa puasa itu menyehatkan dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Berpuasalah, maka engkau akan sehat (HR. Thabrani)”. Semoga keyakinan kita semakin kuat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dan menjalankan ibadah puasa dengan baik dan tepat, tutup Ganti Paruntungan Pulungan, SKM

Baca juga :   Puasa Pemimpin

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang sangat dinantikan bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bagi seorang muslim, mempersiapkan diri secara kesehatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, mengingat selama satu bulan tubuh akan menahan rasa haus dan lapar.

Penjelasan IDI tersebut disampaikan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Utara dengan mengadakan live streaming bersama dr. Ellyrika Yanti.

Pengurus IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kabupaten Padang Lawas Utara, Ernita Manurung, MKM., selaku Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Padang Lawas Utara, dan Ganti Paruntungan Pulungan, SKM., selaku Sekretaris Pencab IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) yang dipandu oleh Kabid Komunikasi Publik Julpikar M.M di Kantor Diskominfo, Jumat (10/05/2019).

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,432