Klik TVRegional

PERINGATAN HARI SANTRI MENJADIKAN SANTRI UNGGUL, MANDIRI DAN CINTA TANAH AIR

Alasan kedelapan, prinsip maslahat (kepentingan umum) merupakan pegangan yang sudah tidak bisa ditawar lagi oleh kalangan pesantren. Tidak ada ceritanya orang-orang pesantren meresahkan dan menyesatkan masyarakat. Justru kalangan yang membina masyarakat kebanyakan adalah jebolan pesantren, baik itu soal moral maupun intelektual. Dan yang kesembilan adalah penanaman spiritual. Tidak hanya soal hukum Islam (fikih) yang didalami, banyak pesantren juga melatih para santrinya untuk tazkiyatunnafs, yaitu proses pembersihan hati.

“Di pesantren, para santri melakukan proses pembersihan hati, dan hal ini biasanya dilakukan melalui amalan zikir dan puasa, sehingga akan melahirkan fikiran dan tindakan yang bersih dan benar. Makanya santri jauh dari pemberitaan tentang intoleransi, pemberontakan, apalagi terorisme,” kata Bupati Dyah H Pratiwi.

Upacara peringatan hari santri tahun 2019 dihadiri Forkopimda Purbalingga, para pejabat dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Purbalingga, para Camat dan ribuan santri dari 18 Kecamatan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi Ketua DPRD R Bambang Irawan SH berkenan menyerahkan hadiah lomba pekan Festival Santri tahun 2019 yakni juara lomba pawai ta’aruf, lomba hadroh modern, lomba tartil, lomba tahfidz putra/putri, lomba menggambar, lomba ceramah bahasa Inggris putra/putri dan lomba pengucapan Pancasila yang dimenangkan oleh Deana Talitha Nabila dari TPQ An Najah Pengadegan (**)

1 2 3 4

What's your reaction?

Related Posts

1 of 570