Klik-Talk

Sambil Minum Teh, Jokowi-SBY Bahas Politik dan Ekonomi Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengajak mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) makan siang bersama dan dilanjutkan minum teh. Suasana tersebut dijadikan momen bagi keduanya untuk berdiskusi membahas berbagai persoalan di Indonesia.

Menurut Jokowi, ada banyak hal yang dibacarakan bersama SBY. Baik yang berkaitan dengan politik atau ekonomi secara nasional.

“Namanya diskusi kan banyak hal dan hal-hal yang lain-lainnya,” kata Jokowi saat menerima kunjungan SBY, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (09/03/2017) siang.

Baca Juga:

Isi Nasihat Mantan Terpidana Korupsi Kepada SBY: Temui Jokowi

Jokowi Mau Ketemu Kalau SBY Lebih Dulu Ajukan Permintaan

Ini Tanggapan Istana Soal Jokowi Dilarang Bertemu SBY

Selain itu, Jokowi juga setuju penyampaian SBY terkait tradisi politik dari Presiden sebelumnya ke Presiden berikutnya itu memang harus ditradisikan.

Yang kedua, yang berkaitan dengan budaya estafet, pembangunan yang sebelumnya diteruskan oleh pembangunan Presiden berikutnya.

“Saya kira ke depan tradisi yang baik, pergantian dari Presiden sebelumnya ke Presiden berikutnya, itu harus terus ditradisikan. Yang kedua juga tadi, budaya estafet itu harus kita miliki, sehingga jangan sampai kita memulai terus dari awal, memulai terus dari awal. Itu yang harus ditradisikan,” ungkapnya.

Disinggung soal pertemuan dengan SBY yang cukup lama tertunda, Jokowi mengatakan hal tersebut telah disesuaikan dengan kesibukannya sebagai Presiden dan waktu luang yang dimiliki SBY.

“Seperti yang sudah sering saya sampaikan, bolak balik kan sudah saya sampaikan bahwa saya akan mengatur waktu untuk beliau, Pak SBY. Hari ini alhamdulillah beliau pas juga ada waktu, saya juga ada, artinya kita janjian dan ketemu,” kata Presiden.

Sementara itu, SBY mengaku bersyukur dan bergembira karena hari ini PresidenJokowi bisa menyediakan waktu untuk bertemu dirinya. SBY berharap pemerintahan ini semakin sukses.

“Pertemuan ini sebetulnya sudah digagas dan dirancang cukup lama, tapi alhamdulillah hari ini berlangsung,” terang Presiden RI ke-6 ini.

Dalam pertemuan itu, SBY mendengarkan penjelasan Presiden Jokowi mengenai apa saja yang menjadi agenda pemerintah, agenda nasional. Sementara SBY tak lupa mengucapkan selamat atas keberhasilan menjadi tuan rumah baik kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud maupun penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Asscotiation) (IORA) yang baru saja selesai.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia terus berperan di panggung internasional,” katanya.

Bersama Presiden Jokowi, SBY mengaku mendiskusikan bahwa negara ini harus semakin maju, negara Pancasila, negara Bhinneka Tunggal Ika, negara yang mengayomi semua.

“Komitmen beliau (Presiden Jokowi) sama lah dengan komitmen saya, komitmen para mantan Presiden, ingin membangun negara dan ingin negara kita makin ke depan makin baik,” tambah SBY.

[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 144