Klik NewsPolitik

Yang Baru di Debat Kedua Pilpres 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mencoba sejumlah hal baru dalam debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, pada 17 Februari nanti. Hal-hal baru itu diantaranya terkait dengan moderator debat, penataan panggung, dan setting debat.

Hal ini telah disepakati dalam rapat antara KPU dengan perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno serta TV penyelenggara debat, Jum’at (25/1).

Untuk moderator debat, KPU telah menunjuk dua orang, yaitu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

“tapi kami akan menghubungi yang bersangkutan dulu, kalau yang bersangkutan menyatakan bersedia, kalau tidak bersedia maka akan batal usulan tadi yang disepakati,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman.

Sedangkan untuk penataan panggung, posisi penonton dan pendukung akan ditempatkan di belakang moderator. Berbeda pada debat pertama dimana pendukung berada di belakang kandidat.

“tidak ada lagi pendukung (di belakang kandidat) sehingga publik di rumah fokus, tidak terganggu pandangan oleh pendukung di belakang calon,” tambah Arief.

Pada debat kedua nanti, KPU juga akan memberikan segmen khusus kepada kedua pasangan calon agar bisa saling menjawab dan menanggapi dalam waktu yang lebih panjang.

Pada tayangan TV nanti akan ada rekaman gambar persiapan hingga kedatangan dari dua calon, dari kediaman masing-masing sampai menuju lokasi debat.

“mudah-mudahan ini bisa memunculkan kultur kita, keramahtamahan kita,” pungkas Arief.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *