Klik NewsSosial Budaya

Wadahi Kreativita Pemuda Tangsel, Para Seniman Luncurkan Sanggar Purbajati Siliwangi

Beberapa seniman di Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan sanggar seni dan budaya Purbajati Siliwangi di Gang Melon Buaran, Tangerang Selatan, Minggu (11/04/2021).

Pendiri sanggar Purbajati Siliwangi Raden Asyam Shobir Muyassar menyampaikan bahwa sanggar ini didirikan untuk mewadahi kreativitas para pemuda di Kelurahan Buaran dan Tangsel secara umum.

“Kami mendapat dukungan yang besar dari masyarakat Tangerang Selatan, khususnya lingkungan gang melon buaran. Sedikitnya ada sepuluh remaja putra dan putri gang melon buaran belajar di Purbajati Siliwangi,” terang Muyassar.

Dalam peluncuran Sanggar Purbajati Siliwangi tersebut, ditampilkan atraksi seni budaya Palang Pintu Macan Betawi yang dimainkan pemuda-pemuda pengiat seniman Macan Betawi Tangsel.

Peluncuran sanggar Purbajati Siliwangi juga menampilkan ceramah Islam berkebudayaan dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Ceramah itu disampaikan oleh Dr. Nurul Ifan, M.Ag yang juga selalu penasehat sanggar Purbajati Siliwangi.

Peresmian Sanggar Purbajati Siliwangi ditandai dengan Orasi Kebudayaan Fahd Pahlevie Wakil Ketua Umum DPP Partai PAN, dan pemotongan Tumpeng oleh tokoh masyarakat dan perwakilan seniman Tangsel, diantaranya Burhanuddin Harahap (Bang Buray) dari unsur Seni Beladiri tradisional dan Ki Suling dari unsur Musik Tradisional.

Baca juga :   Keunikan Islam dalam Kebudayaan Jawa: Memelihara Harmoni dan Kekayaan Budaya

Untuk memantapkan materi pelatihan, sanggar Purbajati Siliwangi memaksimalkan beberapa anggota pengurus sanggar untuk studi banding ke sanggar-sanggar seni budaya di Tangsel.

“Ya, anak anak sanggar dan pengurus sengaja kami utus untuk mengoptimalkan riset pendidikan seni, agar juga menularkan ilmunya kepada anggota sanggar yang lain,” lanjut Muyassar.

Muyassar berharap keberadaan Sanggar Seni Budaya Purbajati Siliwangi mampu menjadi solusi bagi peningkatan potensi seni dan budaya di Kota Tangsel, sehingga strategi kebudayaan yang bertujuan mewujudkan ketahanan budaya bisa dicapai.

“Saat ini kan era Industri kreatif, dengan adanya sanggar Purbajati Siliwangi ini bisa memantik kreativitas generasi muda Tangerang Selatan,” pungkasnya. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *