Klik NewsSosial Budaya

Ukir Sejarah, Untuk Pertama Kalinya Inggris Melaju Ke Partai Final Euro

Inggris sukses melaju ke final Euro 2020 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di euro setelah sukses mengalahkan Denmark secara dramatis dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu 120 menit.

Inggris tampil full team pada pertandingan dini hari tadi, Gareth Southgate hanya melakukan sedikit perubahan dengan kembali memainkan Bukayo Saka, pemain Arsenal ini harus absen pada perempat final melawan Ukraina karena mengalami cedera dan posisinya digantikan oleh Jadon Sancho.

Denmark juga tampil dengan full team, Kasper Hjulmand kembali mengandalkan trio lini depannya yaitu Martin Braitwaite, Kasper Dolberg, dan Mikkel Damsgaard untuk membongkar pertahanan Inggris.

Pada babak pertama, Inggris mengendalikan permainan dan beberapa kali menciptakan peluang, namun pertahanan Denmark dan penampilan yang cemerlang dari Kasper Schmeichel berhasil mematahkan serangan yang dibangun Harry Kane dkk.

Pada menit ke 30 justru Denmark berhasil unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas Mikkel Damsgaard. Gol Damsgaard tersebut memutus tren positif Inggris selama 6 pertandingan di Euro 2020 yang selalu meraih clean sheets.

Tertinggal satu gol, Inggris menaikan intensitas serangan mereka. Hasilnya sembilan menit berselang umpan silang yang dilakukan oleh Bukayo Saka di sisi kanan pertahanan Denmark salah diantisipasi oleh Simon Kjaer dan bola masuk kegawangnya sendiri. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Inggris masih menguasai pertandingan dan beberapa kali menciptakan peluang berbahaya kepada Kasper Schmeichel namun skor tidak berubah hingga waktu normal berakhir dan pertandingan harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu malapetaka justru menghampiri Denmark. Pada menit ke 104, melalui akselerasi yang dilakukan oleh Raheem Sterling di sisi kanan pertahanan Denmark harus dilanggar di kotak penalti oleh pemain Denmark Jansen. Harry Kane yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya, namun bola rebound hasil tangkapan penalti tidak sempurna  oleh Schmeichel langsung disambar oleh Harry Kane dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Inggris.

Hingga babak perpanjangan waktu berakhir skor 2-1 menjadi milik Inggris dan berhak lolos ke partai final menantang Gli Azzuri yang di pertandingan semi final lainya sukses menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti.

Ini adalah prestasi terbaik yang ditorehkan Inggris sepanjang sejarah keikutsertaan mereka dalam turnamen terbesar di benua biru itu. Prestasi terbaik mereka hanya menempati peringkat ketiga pada edisi Euro 1968 dan the Three Lions berpeluang meraih perdana mereka pada edisi kali ini. Pertandingan final menghadapi Italia akan digelar pada hari Senin (12/07/2021) pukul 02.00 dini hari waktu Indonesia di stadion Wembley, London, Inggris. (*)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264