EkonomiKlik News

Turun Kelas, Indonesia Kini Jadi Negara Berpenghasilan Menengah ke Bawah

Indonesia kembali menjadi negara berpenghasilan menengah ke bawah (lower middle income) pada tahun 2020 setelah sempat menjadi negara dengan menengah ke atas (upper middle income) pada 2019.

Hal itu diketahui berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Bank Dunia (World Bank) yang diperbarui setiap tanggal 1 Juli.

Dalam publikasi itu, Bank Dunia mencatat Pendapatan Nasional Bruto (GNI) Indonesia turun dari USD 4.050 menjadi USD 3.870.

Penurunan status Indonesia ini lantaran dampak pandemi Covid-19 yang memukul penghasilan masyarakat.

Perhitungan yang dilakukan Bank Dunia mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar mata uang, dan pertumbuhan populasi yang dipengaruhi oleh GNI per kapita.

Klasifikasi ini sebenarnya digunakan Bank Dunia secara internal sebagai salah satu pertimbangan suatu negara dalam mendapatkan fasilitas dari lembaga internasional itu.

Namun, klasifikasi ini juga dirujuk secara luas oleh organisasi internasional lain.

Dalam klasifikasi baru, Bank Dunia mengkategorikan negara berpenghasilan menengah ke bawah dengan rentang pendapatan USD 1.046-USD 4.095 dan kelompok penghasilan menengah ke atas USD 4.096-USD 12.695.

Baca juga :   Adang Darajatun Apresiasi Peran Aktif Kaum Perempuan Dalam Donor Darah

Sebelumnya, klasifikasi penghasilan menengah ke bawah berada dalam rentang USD 1.035-USD 4.045 dan menengah ke atas sebesar USD 4.046-USD 12.535

“Indonesia, Mauritius, Rumania, dan Samoa sangat dekat dengan ambang klasifikasi pada 2019 dan mereka mengalami penurunan Atlas GNI per kapita karena covid-19 yang mengakibatkan klasifikasi lebih rendah pada 2020,” jelas Bank Dunia lewat laporannya seperti dikutip, Rabu (07/07/2021).

Artinya, status negara berpenghasilan menengah ke atas hanya mampu dipegang Indonesia selama setahun.

Pada tahun lalu, Bank Dunia menaikkan peringkat Indonesia dari negara pendapatan menengah menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264