Klik NewsRegional

Tingkatkan Literasi Di Pesantren, LPBA Kajen Gelar Bazar Buku Nasional

Peringati Haul pesantren Kajen, Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) menyediakan tempat bagi penggila literasi untuk memuaskan hasrat literasinya.

Melalui literasi (baca dan tulis) semangat dalam membaca dan menulis santri terus terjaga, sehingga bazar buku ini sangat penting kami adakan untuk menjaga ghirrah santri dalam belajar.

Dalam rangka menyongsong Haul Syeikh Ahmad Mutamakkin, Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) Kajen menggelar bazar buku.

Bazar buku ini dilakukan di gedung LPBA yang berada di sebelah timur makam.

“LPBA memang menggelar kegiatan ini untuk menyambut haul Syeikh Ahmad Mutamakkin Kajen” kata Siswanto , panitia penyelenggara”.

Apabila tidak ada halangan, bazar buku ini akan digelar sejak tanggal 1 sampai 15 September mendatang. Dengan jam edar, buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Adapun untuk mensukseskan kegiatan ini, panitia merangkul penerbit-penerbit buku dari tingkat lokal hingga nasional.

Beberapa diantaranya seperti Mizan, Gramedia, Kompas, Araska, Solusi, Kaukaba, dan puluhan penerbit lainnya turut mengisi bazar buku di LPBA tersebut.

“Selain untuk memperingati haul Syeikh Ahmad Mutamakkin, dihelatnya bazar buku ini memiliki misi lain. LPBA saat ini sedang menggalakkan semangat literasi.

Sedangkan pada perhelatan tahun ini, para pengunjung tidak hanya dipadati dari lokal Pati sendiri, melainkan juga dari luar kota turut hadir seperti dari semarang, Salatiga, Demak, Kudus, Jepara, Blora, dan Rembang. Hal ini menunjukkan, bahwa semangat dunia literasi dalam dunia pesantren sangat tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengunjung untuk membeli buku setiap harinya bertambah.

Adapun tujuan lain diadakan bazar buku ini adalah untuk meningkatkan mutu literasi baik di lingkungan pesantren maupun untuk umum.

Mengingat Indonesia untuk masalah literasi masih terpaku pada peringkat dua dunia.

Oleh karena itu, kedepan dengan adanya bazar buku ini, kami berharap semangat literasi bisa tumbuh melalui kegiatan ini.

Bazar buku yang kami buat adalah langkah kecil, namun jika semua kalangan muda mau mengikuti langkah kecil ini dengan berbagai bentuknya, maka akan memperbanyak gerakan literasi. Kata Siswanto

Presiden Klikers Indonesia, Peneliti, penulis, pembelajar, ayah dari dua anak

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,431

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *