InternasionalKlik News

Tiga Senator AS Kunjungi Taiwan Minggu Ini

Tiga senator AS akan mengunjungi Taiwan pada hari Minggu (06/06/2021) dan akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen untuk membahas masalah keamanan dan lainnya, kata pemerintah Taiwan dan kedutaan besar AS secara de facto di Taipei pada hari Sabtu, sebuah perjalanan yang kemungkinan akan mengganggu China.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan pulau yang diklaim oleh China. Tetapi AS juga merupakan pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting bagi negara ini.

Tammy Duckworth dan Dan Sullivan dari Komite Angkatan Bersenjata Senat, dan Christopher Coons dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat, akan mengunjungi Taiwan pada Minggu sebagai bagian dari perjalanan yang lebih besar ke kawasan Indo-Pasifik.

“Delegasi kongres akan bertemu dengan para pemimpin senior Taiwan untuk membahas hubungan AS-Taiwan, keamanan regional, dan masalah penting lainnya yang menjadi kepentingan bersama,” tambahnya.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan Tsai akan menemui ketiganya di bandara Songshan di pusat kota Taipei pada Minggu pagi, dan mengucapkan terima kasih atas dukungannya, terutama pada saat Taiwan menghadapi peningkatan kasus COVID-19.

Taiwan juga mengeluh tentang China yang mencoba menghalangi Taiwan untuk mengakses vaksin secara internasional. Tuduhan ini dibantah Beijing.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah meningkatkan tekanan pada Taiwan ketika mencoba untuk menegaskan kedaulatannya, termasuk kegiatan secara teratur dalam menerbangkan pesawat militer ke zona pertahanan udara Taiwan.

China secara rutin mengecam kunjungan pejabat asing ke Taiwan, menyebut mereka campur tangan dalam urusan internal negara tersebut.

Sumber: Reuters

 

 

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263