Klik News

Survei Terbaru LSJ: Prabowo-Gibran 52,8% Vs Ganjar-Mahfud 40,1%

Jakarta – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei elektabilitas bakal pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024 yang menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih angka tertinggi dibandingkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Survei LSJ ini digelar pada 18-26 Oktober 2023 di 38 (tiga puluh delapan) provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Survei melibatkan 1.200 responden yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LSJ mensimulasikan kondisi jika Pemilu 2024 sampai kepada putaran kedua. Para responden pun ditanyakan ‘jika Pilpres putaran kedua diikuti oleh pasangan Prabowo-Gibran dan GanjarMahfud, siapakah yang akan anda pilih?’. Pertanyaan serupa juga ditanyakan terkait simulasi pasangan calon lainnya.

Berikut ini hasil head to headnya:

Prabowo-Gibran Vs Ganjar-Mahfud
Prabowo-Gibran 52,8%
Ganjar-Mahfud 40,1%
TT/TJ 7,1%

Baca juga :   Hasil Terbaru 3 Lembaga Survei Asing Pilpres 2024, Mungkinkah Satu Putaran?

Prabowo-Gibran Vs Anies-Cak Imin
Prabowo-Gibran 59,6%
Anies-Cak Imin 35,8%
TT/TJ 4,6%

Ganjar-Mahfud Vs Anies-Cak Imin
Ganjar-Mahfud 48,4%
Anies-Cak Imin 42,3%
TT/TJ 9,3%

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menjelaskan dalam kutipan detikNews bahwa terkait simulasi head to head putaran kedua tersebut. Dia mengatakan Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar-Mahfud dan keunggulan itu semakin jauh ketika ditandingkan dengan Anies-Cak Imin.

“Dalam simulasi Pilpres putaran kedua antara pasangan Prabowo-Gibran melawan pasangan Ganjar-Mahfud, hasil survei LSJ menunjukkan bahwa 52,8% responden memilih pasangan Prabowo-Gibran. Sementara itu 40,1% responden memilih pasangan Ganjar-Mahfud,” kata dia saat memaparkan survei, Selasa (31/10/2023).

“Ketika di Pilpres putaran kedua pasangan Prabowo-Gibran disimulasikan berhadapan dengan pasangan Anies-Cak Imin, kemenangan pasangan Prabowo-Gibran ternyata semakin absolut,” sambungnya.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *