InternasionalKlik News

Perbedaan Varian Virus Corona Delta dan Delta Plus

Varian Delta merupakan mutasi virus yang pertama kali diidentifikasi pada Desember 2020 di India. Varian Delta dikenal pula dengan sebutan B.1.617.2.

Varian Delta dengan cepat menjadi varian yang paling umum diidentifikasi di India dan saat ini juga menjadi varian dominan di Inggris. Varian ini telah menunjukkan peningkatan transmisi yang sudah mencapai 40 sampai 60 persen dibandingkan varian alfa yang dominan sebelumnya.

Sementara itu, varian Delta Plus merupakan turunan dari varian Delta. Perbedaan antara varian Delta dan Delta Plus terletak pada mutasinya tambahan K417N pada protein lonjakan virusnya.

Badan Kesehatan Masyarakat Inggris pertama kali menetapkan varian Delta Plus sebagai varian perhatian pada 11 Juni 2021. Otoritas India melakukan langkah yang sama pada 22 Juni 2021.

World Health Organization (WHO) mengatakan saat ini varia Delta Plus hanya menyumbang sebagian kecil dari urutan Delta. Akan tetapi, WHO mengingatkan, varian ini tetap berisiko terhadap kesehatan masyarakat seperti varian lainnya karena varian – varian yang muncul telah menunjukkan peningkatan penularannya.

INSACOG juga mencantumkan sejumlah kekhawatirannya tekait Delta Plus yakni:

  • Peningkatan transmisibilitas
  • Ikatan yang lebih kuat dengan reseptor sel paru-paru
  • Potensi pengurangan respons antibodi monoklona

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264