Hukum-KriminalKlik News

Pengamat: Muhammad Syarifuddin Sosok Tepat Pimpin Mahkamah Agung

Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Al Azhar Jakarta, Zuhad Aji Firmantoro mengatakan, sosok Muhammad Syarifuddin adalah pilihan tepat untuk mengisi posisi Ketua Mahkamah Agung.

“Beliau adalah sosok yang tepat. Sosoknya profesional dan penuh dengan integritas,” kata Zuhad saat dihubungi redaksi kliksaja.co di Jakarta, Senin (06/04/2020).

Zuhad berharap Syarifuddin mampu membawa MA lebih baik dari periode sebelumnya. Kemudian bisa bersinergi dengan lembaga lain dengan tetap menjaga marwah dan independensi lembaga.

“Selamat dan sukses untuk Bang Syarifuddin. Tegakan hukum profetik. Bangun sinergitas dengan smua pihak,” tambahnya.

Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung setelah mendapat suara terbanyak dalam sidang paripurna khusus di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (06/04/2020).

Dalam pemilihan pertama, Syarifuddin mendapat 22 suara disusul Andi Samsan Nganro 14 suara, Sunarto dengan lima suara, Amran Suadi satu suara, Supandi satu suara dan Suhadi satu suara. Terdapat suara tidak sah sebanyak dua suara dan abstain satu suara.

Karena tidak ada calon yang mendapat 50 persen lebih satu suara, maka pemilihan dilanjutkan ke tahap kedua dengan diikuti dua calon dengan suara terbanyak.

Pada putaran kedua, Syarifuddin memperoleh 32 suara, sementara Andi Samsan Nganro memperoleh 14 suara.

“Hasil perhitungan suara ternyata Yang Mulia Muhammad Syarifuddin telah mendapat suara sejumlah 32 suara. Berdasarkan ketentuan keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang tata tertib pemilihan Ketua Mahkamah Agung RI berdasarkan Pasal 7 huruf 1 yang menyebutkan calon ketua Mahkamah Agung yang mendapat suara terbanyak dalam putaran kedua maka langsung ditetapkan sebagai ketua Mahkamah Agung terpilih. Maka calon ketua Mahkamah Agung tersebut ditetapkan sebagai ketua Mahkamah Agung terpilih,” tutur Ketua Mahkamah Agung Mohammad Hatta Ali. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *