Klik NewsPolitik

Obat Ivermectin Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit COVID-19, Ini Kata Ahli

Obat Ivermectin masih menjadi buah bibir di kalangan banyak pihak. Seperti diketahui, beredar kabar bahwa obat Invermectin dapat mencegah keparahan dan kematian akibat Covid-19.

Namun fungsi dari obat ivermectin ini adalah untuk mencegah atau mengobati parasit atau cacing yang menginvasi tubuh, khususnya di saluran pencernaan.

Guru besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan bahwa ada perbedaan pendapat di berbagai kalangan mengenai apakah obat Ivermectin dapat menyembuhkan Covid-19.

“Ada yang mendukung, ada juga yang bersikap hati – hati. Mereka yang mendukung akan menunjukan seolah – olah bukti itu efektif, tapi yang berhati – hati, melihat bahwa bukti yang ada tentang obat ini masih belum konsisten”, ungkap Prof Zullies kepada kompas.com, Selasa (06/07/2021).

Terlepas dari hal itu, Prof Zullies menegaskan bahwa obat Ivermectin adalah obat antiparasit atau obat cacing. Ia juga mengatakan bahwa badan otoritas pengawas obat seperti BPOM, FDA maupun otoritas obat yang lainnya, sampai saat ini masih menahan penggunaan obat Ivermectin ini untuk menyembuhkan Covid-19.

“Karena belum ada bukti – bukti yang cukup untuk menyetujui Ivermectin sebagai obat Covid-19” kata Prof Zullies. (*)

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264