Klik NewsSosial Budaya

Menang Adu Penalti atas Spanyol, Italia Tembus Final Euro 2020

Tim nasional Italia berhasil menembus babak final Euro 2020 setelah mengalahkan Spanyol melalui drama adu penalti 4-2 (1-1), Rabu (07/07/2021) dini hari.

Pemain berdarah Brazil, Jorginho menjadi penentu kemenangan Italia setelah tendangan penaltinya berhasil mengecoh Unai Simon. Sebelumnya, Gianluigi Donnarumma berhasil menahan tendangan Alvaro Morata.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Gli Azzurri sebenarnya bermain di bawah tekanan El Matador.

Anak asuh Roberto Mancini itu bahkan baru bisa melakukan tendangan ke gawang Spanyol pada akhir babak pertama melalui Emerson. Tendangan pemain yang bermain untuk Chelsea itu membentur mistar gawang Spanyol.

Spanyol yang tidak menurunkan striker murni menciptakan banyak peluang di babak pertama. Tendangan Dani Olmo berhasil diselamatkan oleh Donnarumma.

Peluang demi peluang terus diciptakan oleh pemain-pemain Spanyol, namun hingga pertandingan babak pertama berakhir, skor tetap imbang tanpa gol.

Babak kedua, pertandingan berjalan lebih menarik. Italia bermain lebih menyerang dan menciptakan beberapa peluang, salah satunya melalui Federico Chiesa yang tendangan kaki kanannya masih bisa ditahan Simon.

Baca juga :   Adang Darajatun Apresiasi Peran Aktif Kaum Perempuan Dalam Donor Darah

Chiesa akhirnya berhasil membobol gawang Simon. Berawal dari serangan balik cepat, bola kiriman Insigne ke Immobile, namun bisa dipotong oleh Laporte.

Bola liar dengan cepat dikuasai oleh Chiesa. Chiesa menusuk ke sisi kiri kotak penalti sebelum melepas tembakan di tengah kepungan pemain Spanyol.

Simon yang sudah mati langkah hanya bisa menonton bola masuk ke gawangnya.

Ketinggalan satu gol membuat Spanyol meningkatkan daya gedor. Luis Enrique memasukkan Alvaro Morata dan Gerard Moreno.

Pergantian tersebut tampak membuahkan hasil setelah Morata berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-80.

Kerja sama apik antara Morata dengan Olmo berhasil membuat pertahanan Italia kalang kabut. Tendangan mendatar Morata dengan mudah menembus gawang Donnarumma.

Skor 1-1 ini bertahan hingga babak kedua selesai dan pertandingan harus dilanjutkan perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Spanyol tetap mendominasi jalannya pertandingan. Namun, peluang yang diciptakan tidak bisa dikonversi menjadi gol.

Baca juga :   Jangan Ada Sekolah yang Tertinggal Karena Belum Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

Peluang pada menit 102 yang berawal dari umpan silang Moreno berhasil ditinju oleh Donnarumma. Bola kemudian mengarah ke Llorente, yang melakukan tembakan dari jarak 12 meter. Namun, tendangan tersebut masih diblok oleh Giorgio Chiellini.

Babak pertama perpanjangan waktu selesai dan tidak ada gol yang tercipta. Skor pun tidak berubah 1-1.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, Italia sempat mencetak gol melalui Berardi pada menit ke-110. Namun gol dianulir wasit karena offside.

Spanyol yang terus berusaha mencetak gol gagal menembus rapatnya pertahanan Italia. Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan pun harus diselesaikan melalui adu tendangan penalti.

Adu penalti:

Manuel Locatelli gagal, tendangannya ditepis Unai Simon. Dani Olmo gagal, tendangannya melambung.

Andrea Belotti gol, Gerard Moreno gol.

Leonardo Bonucci gol, Thiago Alcantara gol.

Federico Bernardeschi gol, Álvaro Morata gagal, tendangannya ditepis oleh Gianluigi Donnarumma.

Jorginho gol, dan memastikan Italia menang 4–2 dan lolos ke final Euro 2020. (*)

Baca juga :   Hidayatullah: Jor-Joran Bansos Diduga Penyebab Beras Langka dan Mahal
Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *