HeadlineKlik NewsSosial Budaya

Libatkan TNI-Polri Untuk Tracing COVID-19, Menkes Butuhkan 89 Ribu Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan melibatkan TNI-Polri dalam melacak penularan virus COVID-19 atau tracer COVID-19 sebagai upaya menekan penularan COVID-19.

Dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes Polri Jakarta, Senin (15/02/2021), Menkes mengatakan pihaknya membutuhkan 89 ribu Bhabinkamtibmas dan Babinsa  .

Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan garda terdepan TNI-Polri yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Aturan dari WHO, untuk setiap 100 ribu populasi dibutuhkan 30 tracer atau pelacak. Jadi saya hitung butuhnya sekitar 89 ribu tracer. Saya tidak mungkin punya (sumber daya) itu,” kata Menkes Budi.

Menkes menyampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah memberi lampu hijau terkait permintaan bantuan ini.

“Alhamdulillah sudah dapat izin dari Panglima dan Kapolri (untuk) bantu menggerakannya,” katanya.

Pihaknya pun telah mengadakan pelatihan bagi para Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menjadi tracer COVID-19.

“Sekarang training-nya sudah berjalan di seluruh Polda dan Kodam,” tuturnya.

Baca juga :   Jangan Ada Sekolah yang Tertinggal Karena Belum Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka Belajar

Dalam strategi tracing, dia mencontohkan bila satu orang diketahui terpapar COVID-19 maka dalam 72 jam, harus ditelusuri dan diketahui 30 orang yang pernah kontak erat dengan penderita dan dilakukan tes usap antigen terhadap 30 orang itu.

Pengetesan jenis antigen dipilih karena bisa dilaksanakan di daerah-daerah serta hasil tes yang bisa diketahui lebih cepat.

Sebagai tracer, nantinya para Bhabinkamtibmas dan Babinsa berperan untuk melacak orang-orang yang terinfeksi COVID-19 dan menemukan 30 orang yang kontak erat dengan penderita melalui strategi 3T (Testing, Tracing dan Treatment) yang bekerja sama dengan puskesmas.

Berbeda dengan penyelenggaraan rapim di tahun-tahun sebelumnya, Rapim TNI-Polri pada tahun 2021 ini digelar dengan mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,491