Klik NewsSosial Budaya

Kemenkominfo: Berita Probowo Ajukan Gugatan ke Mahkamah Internasional Hoaks

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berhasil mendeteksi konten hoaks “Tiba di Den Haag, Prabowo Ajukan Gugatan ke Mahkamah Internasional MMA-UFC”. Konten itu beredar luas di media sosial.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, foto tersebut hasil suntingan dari situs Detik.com. Foto itu memperlihatkan Prabowo turun dari pesawat saat tiba di Den Haag. Konten itu dirilis pada Jumat, (28/06/2019) pukul 19.05 WIB.

“Berita itu sudah disunting dan diedit, karena berita asli pada hari Jum’at, 28 Juni 2019 pukul 19:05 di Detik.com tidak memuat berita dengan narasi seperti itu,” kata Ferdinandus di Jakarta, Minggu (30/06/2019).

Menurut Ferdinandus,berita sebenarnya di situs Detik.com berjudul “2 Jaksa Kena OTT KPK, Jaksa Agung: Akan Diproses di Gedung Bundar”.

Sementara itu, lanjut Ferdinandus, gambar hasil tangkapan layar tersebut dimanipulasi menggunakan foto Prabowo yang sedang turun dari pesawat, dan ditambahkan judul palsu pada situs berita ternama untuk meyakinkan masyarakat.

Baca juga :   Hasil Terbaru 3 Lembaga Survei Asing Pilpres 2024, Mungkinkah Satu Putaran?

Fakta lainnya juga menunjukan, MMA-UFC yang bersanding dengan Mahkamah Internasional pada judul tersebut, juga membuat gambar yang meragukan.

“UFC atau Ultimate Fighting Championship itu merupakan perusahaan promotor ajang Mixed Martial Arts (MMA) di Amerika. Jadi, tidak ada hubungan antara UFC-MMA dengan Mahkamah Internasional,” terangnya. (*)

 

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264