Klik NewsPendidikan

Kelompok 62 KKN UMBY Adakan Sosialisasi Literasi Keuangan di Pasar Demangan

Mahasiswa KKN-PPM Tematik angkatan XLII Universitas Mercubuana Yogyakarta Kelompok 62 mengadakan Sosialisasi Literasi Keuangan kepada paguyuban pedagang di Pasar Demangan, Gondokusuman, Yogyakarta, Minggu (29/01/2023).

Bertempat di Aula Pasar Demangan, kegiatan sosialisasi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan dihadiri sejumlah perwakilan paguyuban pedagang Pasar Demangan.

Materi sosialisasi literasi keuangan berupa pengenalan uang tahun emisi 2022 dibawakan oleh Aji. Dalam forum berdurasi kurang lebih satu jam ini, mahasiswa prodi Akuntansi tersebut juga menjelaskan terkait peredaran uang palsu yang kian marak akhir-akhir ini. 

“Peredaran uang palsu sangat merugikan pedagang dan masyarakat lainnya dalam bertransaksi, beredarnya uang palsu oleh sejumlah oknum merupakan economic crimes yang dilakukan karena untuk motif-motif tertentu, biasanya kian marak menjelang hari raya dan masa-masa tahun politik baik pilkada dan lain-lainnya” ungkapnya.

Dalam forum tersebut, ia juga memperkenalkan sejumlah uang nominal tahun emisi 2022 dari pecahan terkecil hingga terbesar yang ia kumpulkan. Dalam kesempatan itu juga dipraktikkan penggunaan alat detektor uang palsu dengan sinar ultra violet oleh Dita Kusuma Wardhani selaku moderator forum tersebut.

Pada sessi berikutnya, tampil Febrimelia Devi membawakan materi kedua menjelaskan lebih spesifik terkait ciri-ciri uang asli melalui video yang ia paparkan.

Mahasiswi prodi Manajemen UMBY tersebut juga menjelaskan metode 3D yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang untuk mengenali keaslian uang pun juga dengan bantuan alat detektor yang menggunakan sinar ultra violet.

“BI juga memudahkan penggunaan uang bagi saudara-saudara kita yang difabel dengan adanya tanda garis-garis tegas pada sisi kanan-kiri uang kita. Dua garis tegas menandakan uang nominal 100.000, semakin nilai nominal kecil semakin banyak tanda garis-garis tersebut” jelasnya.

Puncak kegiatan sosialisasi keuangan dan sosialisasi K3 itu, ditutup dengan penyerahan dua buah alat detektor uang oleh Aji dan Ela selaku Ketua dan Wakil Ketua Kelompok 62 KKN PPM UMBY kepada dua perwakilan Paguyuban Pedagang Pasar Deamangan

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,308

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *