Klik NewsSosial Budaya

Kalahkan Wales, Italia Juarai Grup A dengan Rekor Sempurna

Tim nasional Italia memastikan diri menjadi juara Grup A Euro 2020 setelah mengalahkan Wales dengan skor 1-0 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Minggu (20/06/2021) waktu setempat.

Anak asuh Roberto Mancini itu juga menorehkan rekor 100 persen kemenangan selama menjalani laga penyisihan di Grup A. Italia pun mengoleksi sembilan poin hasil dari tiga kemenangan.

Dalam laga terakhir Grup A itu, Gli Azzurri menyimpan beberapa pemain intinya dengan hanya menyisakan Gianlugi Donnaruma, Leonardo Bonucci, dan Jorginho.

Meski lebih banyak menurunkan lapis kedua, Italia lebih menguasai jalannya pertandingan. Peluang demi peluang dihasilkan, namun tak satu pun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Baru pada menit ke-39, bermula dari tendangan bebas Marco Verratti, Matteo Pessina berhasil membawa Italia unggul 1-0.  Skor ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, dominasi Italia terus berlanjut, apalagi Wales harus bermain sepuluh orang setelah Ethan Ampadu diganjar kartu merah oleh wasit Ovidiu Hategan pada menit ke-55.

Bermain 10 pemain, membuat Wales semakin tertekan. Namun, Italia juga tidak mampu menambah gol, meskipun banyak peluang tercipta. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tidak berubah untuk keunggulan Italia.

Dalam laga tersebut, bintang muda Juventus Federico Chiesa terpilih sebagai Star of the Match.

Swiss Buka Peluang ke-16 Besar

Sementara itu dalam laga lainnya, tim nasional Turki menjadi negara pertama yang harus angkat koper dari gelaran Euro 2020 setelah kalah 3-1 dari Swiss.

Turki harus puas menjadi juru kunci setelah menelah tiga kekalahan dalam tiga laga yang telah dilakoni. Anak asuh Senol Gunes itu juga harus kebobolan delapan gol dengan hanya memasukkan satu gol.

Sebaliknya, kemenangan ini menjaga asa Swiss untuk lolos ke fase 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik.

Bintang Liverpool Xherdan Shaqiri menjadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol untuk Swiss. Satu gol lainnya dicetak oleh Haris Seferovic. Sedangkan gol balasan Turki dicetak oleh Irfan Kahveci. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264