Klik NewsSosial Budaya

Kalahkan Spanyol Lewat Perpanjangan Waktu, Brazil Pertahankan Emas Olimpiade

Tim nasional Brazil berhasil mempertahankan medali emas olimpiade cabang olahraga sepak bola setelah di final mengalahkan Spanyol 2-1, Sabtu (07/08/2021).

Bertanding di Stadion International Yokohama, Brazil harus berjuang hingga perpanjangan waktu untuk memastikan medali emas melalui gol Malcom pada  menit ke-109.

Dalam pertandingan tersebut, Brazil mendapatkan hadiah tendangan penalty setelah kiper Spanyol Unay Simon melakukan pelanggaran di kotak penalty pada menit ke-38.

Namun, penyerang Brazil Richarlison gagal mengeksekusi penalti setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang Simon.

Brazil akhirnya mencetak gol melalui Matheus Cunha lewat tendangan voli dari jarak dekat pada menit akhir babak pertama. Skor 1-0 untuk Brazil bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Spanyol memasukkan Carlos Soler dan Bryan Gil menggantikan Mikel Merino dan Marco Asensio.

Pergantian itu cukup berhasil. Gil dan Soler bermain bagus dan kerap merepotkan pertahanan Brazil.

Puncaknya terjadi pada menit ke-61. Umpan silang Soler dari sebelah kanan berhasil disambar Mikel Oyarzabal dan membuahkan gol untuk Spanyol. Skor pun berubah 1-1.

Baca juga :   Terima Sekretariat Parlemen Korea, Indra Iskandar Urai Konsep 'Green Building' Gedung DPR di IKN

Brazil mencoba bangkit. Pada akhir-akhir pertandingan babak kedua, Brazil terus menekan Spanyol, namun lini pertahanan Spanyol bermain cukup solid. Tidak ada gol lagi dan pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Pada perpanjangan waktu, Brazil memasukkan Malcom untuk menambah daya gedor. Mantan pemain Barcelona itu berulang kali berhasil menerobos sisi kanan pertahanan Spanyo yang dijaga oleh Vallejo.

Hasilnya, pada menit 109, Malcom berhasil mencetak gol setelah pergerakannya gagal dihadang oleh Vallejo. Sontekannya dari jarak dekat gagal dihalau Simon. Skor berubah 2-1 untuk Brazil dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini sekaligus menjadi medali emas yang kedua secara berturut-turut yang ditorehkan Brazil di ajang Olimpiade.

Sebelumnya, di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Brazil berhasil berhasil mengalahkan Jerman di partai final melalui adu penalti. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264