Klik NewsPolitik

HMI Cabang Medan Gelar Pelantikan, Ketua Umum Riski Rahayu Ingatkan Pentingnya Intelektual

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan menggelar pelantikan pengurus periode 2021-2022 di Asrama Haji Sumatera Utara, Medan, Minggu (04/04/2021).

Dalam pelantikan tersebut, 10 pengurus HMI Cabang Medan mengucapkan ikrar pelantikan yang dibimbing oleh Pengurus Besar HMI yang diwakili oleh Manansyah Putra Nasution, selaku Ketua Komisi P3C.

Ketua Umum HMI Cabang Medan Riski Rahayu dalam sambutannya mengingatkan pentingnya penguatan intelektual di tubuh HMI.

Baca Juga: Beredar Poster Demo Geruduk Balaikota-Seret Anies ke KPK, Affandi Tegaskan Bukan Kebijakan PB HMI MPO

Menurutnya, penguatan intelektual di HMI adalah bentuk tanggung jawab sejarah, karena dulu HMI senantiasa berada di garda depan dalam pengembangan wacana intelektual.

“Upaya untuk membangkitkan kembali kekuatan intelektual dari kader-kader HMI hukumnya fardhu. HMI harus semakin menyadari bahwa dinamika intelektual dari organisasi-organisasi lain semakin berkembang,” kata Riski.

Selanjutnya, Riski menyampaikan pentingnya HMI keluar dari formalitas perkaderan. Formalitas perkaderan ini, menurut Riski, akan menggiring dinamika perkaderan HMI sebatas pada “pertrainingan”.

“Sekedar pertrainingan adalah reduksi yang sangat berbahaya bagi totalitas perkaderan yang sesungguhnya,” kata Riski.

Baca Juga: HMI (MPO) Cabang Palembang Darussalam Gelar LK II Nasional, Diikuti 19 Peserta

Riski mengungkapkan bahwa HMI harus menunjukkan komitmen kemahasiswaannya secara sungguh-sungguh, yaitu dengan mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan mahasiswa.

Menurutnya, hal ini penting untuk memperkuat kembali basis HMI di kampus-kampus.

“Semangat HMI  sebagai second campus akan terwujud apabila secara empiris, aktivitas-aktivitas HMI benar-benar bersifat alternatif dan komplementer dengan dunia kampus,” tambah Riski.

Sementara itu Komisi P3C Manan Syah Putra Nasution mengingatkan tantangan ke depan yang semakin dinamis. Untuk itu, ia meminta HMI Cabang Medan bersiap diri dengan memperkuat perkaderan.

“Ke depan akan banyak dinamika, tantangan, dan lika-liku perjuangan dalam menjalankan organisasi, Cabang Medan harus menyiapkan diri sejak dari sekarang, untuk mengatasi dinamika ke depannya,” lanjut Manan.

Ketua Panitia Fahrurazi menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus HMI Cabang Medan. Ia berharap kepengurusan baru ini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

“Dengan mengedepankan ke-islaman serta didasari ke-intelektualan. Bahagia HMI, Jayalah Kohati. Yakin Usaha Sampai,” kata Razi. (*)

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,263