Klik NewsPendidikanSosial Budaya

Gelar Pelatihan Literasi Digital, Direktur Purbajati Institute Ingin Ciptakan Generasi Emas di Era Digital

Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) dan Yayasan Pendidikan Seni Budaya Purbajati (Purbajati Institute) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dan literasi digital dengan tema membangun kesadaran budaya menulis dan menciptakan generasi emas di Era Digital.

Kali ini, pelatihan literasi digital tersebut dilaksanakan di Pusdiklat Kemenag RI, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Sejumlah komunitas hingga perguruan tinggi di daerah itu mengikuti pelatihan tersebut.

“Masifnya penggunaan internet di Indonesia harus kita akui membawa serta berbagai risiko, seperti penipuan online, hoaks, cyberbullying, dan konten negatif lainnya,” Direktur Purbajati Institute, Asyam Shobir Muyassar Minggu (25/12/2022).

Menurut Asyam, penggunaan teknologi harus diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni. Tujuannya, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna.

Asyam menambahkan, program literasi digital bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis masyarakat terhadap informasi yang diterima, dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang cakap dalam memanfaatkan teknologi digital.

Sementara Ketua bidang organisasi kepemudaan KEMENPORA RI, KH. Abdullah Mas’ud mengatakan bahwa masyarakat perlu mempelajari cara membedakan fakta dengan hoaks.

“Audit sosial ini adalah metode untuk mencari tahu apakah profil atau konten yang kita lihat media sosial adalah fakta atau buatan. Kita perlu punya keahlian, perlu punya kemampuan untuk melakukan periksa fakta mandiri, apakah itu editan di konten video ataupun foto,” ucap Abdullah.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang dilakukan oleh Kominfo dan Katadata Insight Center pada 2021, saat ini Indonesia masih menduduki kategori ‘sedang’ dalam hal kapasitas literasi digital dengan nilai angka sebesar 3.49 dari 5.00. (*)

Peneliti Budaya, Jurnalis, Pengusaha Muda

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,308

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *