Klik NewsSosial Budaya

Festival Indonesia Terbesar Siap Digelar di Oslo

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan menggelar Festival Indonesia di Oslo, Norwegia. Festival ini merupakan yang pertama dan akan menjadi yang terbesar di kawasan Nordik.

Kegiatan ini diadakan untuk mengenalkan keragaman Indonesia kepada masyarakat Norwegia sebagai upaya untuk memperkuat hubungan diplomatik antara kedua negara.

Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia merangkap Republik Islandia, Todung Mulya Lubis, mengungkapkan bahwa Festival Indonesia ditujukan untuk menjadi pendorong penguatan hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact).

Hal ini merupakan modal penting untuk mendukung peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Norwegia.

“Untuk memperkuat upaya kami, akan diselenggarakan juga kegiatan seminar dan temu bisnis, pergelaran budaya, pameran produk-produk unggulan Indonesia, seperti kopi, kuliner, dan fesyen,” kata Todung.

Festival ini nantinya akan diawali dengan seminar tentang sawit dengan tema “The Potential Role of Palm Oil in Achieving UN Sustainable Development Goals”.

Menurut Dubes Todung, seminar akan menitikberatkan pembahasan mengenai produk kelapa sawit dan lahan gambut yang dikelola secara berkelanjutan.

Sedangkan untuk puncak acara akan digelar di pusat kota Oslo, yaitu alun-alun Spikersuppa.

Tempat paling ramai di ibukota Norwegia ini akan disulap menjadi pasar Indonesia dengan puluhan tenda (booth) pameran produk-produk unggulan Indonesia.

Festival juga akan dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya yang akan diperagakan oleh para seniman yang datang langsung dari daerah-daerah di Indonesia.

Tidak ketinggalan, workshop membatik akan menjadi salah satu kegiatan selama Festival berlangsung.

Selain itu juga akan dipamerkan pakaian tradisional beberapa daerah, replika komodo sebesar 3 meter, produk-produk kekayaan hutan, dan gambut tropis.

Festival juga akan menyajikan kopi asal Indonesia melalui demo seduh kopi gratis. Hal ini untuk mengenalkan produk kopi Indonesia

Biji kopi yang akan dipergunakan dipilih secara khusus dari petani Indonesia yang sudah mempraktekkan pendekatan konservasi dalam pengelolaan budidaya kopi dan sudah memperoleh pelatihan sebagai Q-grader kopi.

KBRI juga akan memanfaatkan Festival ini untuk memperkenalkan sepuluh tujuan wisata unggulan Indonesia, yang dikenal sebagai “10 New Bali”.

“Sudah saatnya, masyarakat Norwegia kita kenalkan dengan tujuan wisata di Indonesia selain Bali,” jelas Todung.

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,264

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *