Klik NewsSosial Budaya

Festial Bale Nagi, Langkah Baru Promosikan Wisata Religi di Larantuka

Festival Bale Nagi digelar dalam rangkaian ritual religi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tanggal 6 sampai 25 April 2019.

Festival ini dalam bahasa setempat berarti pulang kampung, bertujuan untuk mengajak orang-orang Flores Timur yang berada di luar Larantuka pulang kampung saat Semana Santa.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani festival pertama kali digelar dan bertujuan untuk meningkat jumlah kunjungan wisatawan ke Florres Timur.

“Biasanya wisatawan yang datang hanya 1-2 hari di Larantuka. Semoga dengan digelar Festival Bale Nagi, lama tinggalnya bisa semakin panjang mencapai 7 hari di sini,” kata Ricky di Jakarta, Rabu (17/04/2019).

Setiap tahun, lanjut Ricky, banyak wisatawan asing dari berbagai negara sangat antusias mengikuti ritual rohani yang merupakan salah satu peninggalan sejarah dalam sejarah umat Kristen-Katolik.

“Pada 2019, kami targetkan 300 orang peziarah dari mancangera hadir di Larantuka. Mereka sebagain besar berasal dari Timor Leste, Amerika Serikat, Australia, Portugal, Spanyol, Belanda, Prancis, dan Jerman,” katanya.

Semana Santa atau Pekan Suci sendiri merupakan sebuah perayaan liturgi dan devosi umat Katolik di Larantuka.

Acara tersebut telah dihelat sejak lebih dari setengah abad yang lalu dan telah menjadi ikon pariwisata yang penting untuk publik.

Semana Santa juga telah berhasil meraih popularitas yang tinggi. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara serta membawa dampak ekonomi yang cukup positif.

Festival Bale Nagi 2019 ini meliputi berbagai macam rangkaian kegiatan. Dimulai dengan pembukaan acara pada 6 April 2019 yang dirangkaikan dengan pagelaran Seni Budaya di Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang.

Selanjutnya ada Pesta Ombak di Pantai Rako, Kecamatan Wulanggitang, dan pada 12 April ada Pameran Tenun Flores Timur.

Kemudian pada 17 April-21 April 2019 acara Ritual Semana Santa di Kota Larantuka, Wureh dan Konga, 22 April 2019, Pesta Nelayan di Kota Larantuka, dan 23 April 2019 Festival Tenun Lamaholot Flores Timur di Kota Larantuka.

Pada tanggal 24 April 2019, terdapat Ritual Pembanguan Rumah Adat di Solor dan 25 April 2019 Pameran Tenun Sekaligus Penutupan Festival Bale Nagi.

 

Peneliti, Penulis, Penikmat Bola

What's your reaction?

Related Posts

1 of 3,267

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *