EkonomiHeadline

Indonesia Jajaki Keragaman Komoditas Perdagangan dengan India

Pertemuan bilateral antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan delegasi Pemerintah India yang dipimpin oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi di Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12/2016) siang waktu setempat, membahas peningkatan kerja sama ekonomi terutama diversifikasi perdagangan antara kedua negara.

“Indonesia berharap untuk meningkatkan perdagangan, Indonesia juga berharap untuk membuat variasi produk ekspornya ke India,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama setelah pertemuan, dikutib setkab.go.id.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, mengatakan bahwa Presiden akan bertemu dengan 20 CEO dari India.

Tujuan dari pertemuan ini agar mereka yang yang sudah berinvestasi atau sudah bekerjasama dengan pihak Indonesia dapat menjaga kesinambungan atau sustainability dari keterlibatan dan kerja sama mereka,” ucap Retno.

Tujuan lainnya adalah untuk mencari peluang-peluang baru baik di bidang perdagangan maupun investasi.

Baca juga :   Jokowi Resmi Berikan Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4 Pada Prabowo Subianto

“Maupun hal-hal lain yang terkait kerjasama ekonomi,” tambah Retno.

Dikatakan, penjajakan diversifikasi perdagangan telah dilakukan oleh Menteri Perdagangan dengan melakukan pertemuan dengan eksportir dan importir India.

“India adalah partner terbesar dagang Indonesia di Asia Selatan dan juga merupakan partner keempat terbesar kalau dilihat dari konteks perdagangan kita dengan dunia internasional,” terangnya.

Dari angka perdagangan antara Indonesia dan India, Indonesia memperoleh surplus perdagangan. Namun sebagian besar terdiri komponen crude palm oil dan batubara.

“Oleh karenanya kita ingin mendiversifikasi jenis mata dagangan dengan India, misalnya di bidang furniture. Ada bidang lain antara lain gambir, pinang. Jadi banyak sekali mata dagangan yang bisa kita tambahkan,” ucap Retno.

[***]

What's your reaction?

Related Posts

1 of 858