Global ReviewInternasional

Taliban Siap Diselidiki atas Dugaan Pelanggaran HAM di Afghanistan Selatan

Taliban pada hari Sabtu berjanji untuk mengizinkan penyelidikan internasional atas pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pembunuhan dan penahanan yang dilaporkan dilakukan oleh kelompok itu di distrik Spin Boldak di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan, setelah itu ditangkap dalam beberapa pekan terakhir.

“Setiap entitas yang ingin pergi ke daerah itu untuk penyelidikan akan diizinkan melakukannya untuk memverifikasi sendiri apa yang telah terjadi,” Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban, mengatakan kepada Arab News.

“Institusi manapun, baik Palang Merah, PBB atau kelompok hak asasi manusia (dapat melakukan penyelidikan). Kita bisa memfasilitasi landasan untuk perjalanan mereka,” tambahnya.

Ini mengikuti sebuah laporan oleh Human Rights Watch (HRW) yang berbasis di AS bahwa Taliban telah “menahan ratusan penduduk yang mereka tuduh berhubungan dengan pemerintah” dan “dilaporkan membunuh beberapa tahanan, termasuk kerabat pejabat pemerintah provinsi dan anggota polisi. dan tentara” setelah mengambil alih perbatasan Spin Boldak Kandahar dengan Pakistan pada 8 Juli dan distrik Spin Boldak pada 16 Juli.

“Ada kekhawatiran besar bahwa pasukan Taliban di Kandahar mungkin melakukan kekejaman lebih lanjut untuk membalas terhadap pemerintah dan pasukan keamanan,” Patricia Gossman, direktur asosiasi HRW Asia, mengatakan dalam laporan itu.

“Para pemimpin Taliban telah membantah bertanggung jawab atas pelanggaran apa pun, tetapi semakin banyak bukti pengusiran, penahanan sewenang-wenang dan pembunuhan di daerah-daerah di bawah kendali mereka meningkatkan ketakutan di antara penduduk,” kata Patricia.

Media lokal melaporkan bahwa Taliban telah menahan lebih dari 300 orang dan menahan mereka di lokasi yang tidak diketahui “setelah melakukan pencarian untuk mengidentifikasi penduduk yang telah bekerja untuk pemerintah setempat atau pasukan keamanan.”

Pada hari Sabtu, Komisi Hak Asasi Manusia Independen Afghanistan (AIHRC) mengatakan bahwa mereka telah menerima laporan pembunuhan dan penangkapan di daerah tersebut.

“Ada dugaan. Kami akan menyelidiki dan membagikan hasil temuan tersebut,” kata Zabihullah Farhang, juru bicara AIHRC, seperti dilansir Arab News.

Laporan pelanggaran hak asasi manusia oleh Taliban sangat kontras dengan perintah berulang kali oleh para pemimpinnya yang meminta anggotanya untuk tidak melakukan tindakan balas dendam dan memperlakukan warga sipil dengan baik, terutama di daerah yang dikuasai oleh kelompok itu sejak pasukan AS dan NATO mulai menarik diri dari Afghanistan pada Mei. 1.

Taliban mengklaim sekarang menguasai 85 persen wilayah Afghanistan di tengah lonjakan kemenangan di lapangan dan ketika pasukan asing menyelesaikan penarikan mereka dari negara yang dilanda perang itu.

Tuduhan terbaru, yang dikatakan pemerintah Afghanistan berusaha untuk menargetkan anggota Achakzai, suku Pashtun, membangkitkan ingatan tentang pelanggaran yang dilaporkan dilakukan oleh kelompok itu selama pemerintahannya dari 1996 hingga 2001 sebelum digulingkan oleh invasi pimpinan AS.

Pelanggaran hak asasi manusia adalah salah satu faktor penting yang membuat dunia menahan diri untuk tidak mengakui pemerintah Taliban pada saat itu.

Menurut laporan HRW, di antara mereka yang tewas dalam Spin Boldak adalah dua putra anggota dewan provinsi Fida Mohammad, yang dilaporkan memiliki hubungan dekat dengan mendiang kepala polisi Kandahar, Jenderal Abdul Raziq, yang berasal dari suku Achakzai dan dibunuh oleh polisi. Taliban pada 2018.

“Di bawah Raziq, polisi Kandahar bertanggung jawab atas penyiksaan, ratusan penghilangan paksa, dan pembunuhan di luar hukum terhadap pejuang Taliban yang ditangkap dan tersangka pendukung Taliban, serta saingan suku dan warga sipil lainnya,” kata HRW.

Mohammad tidak dapat dimintai komentar ketika dihubungi oleh Arab News pada hari Sabtu.

Namun, Mirwais Stanekzai, juru bicara Kementerian Dalam Negeri di Kabul, menyebut jumlah mereka yang tewas oleh Taliban di Spin Boldak “hampir 100 orang.”

Menggambarkannya sebagai “horor dan tragedi besar,” Stanekzai mengatakan kepada Arab News: “Banyak korban ditembak baik di rumah mereka atau dibawa keluar pada malam hari. Mayat mereka dibuang di gurun dan beberapa tempat umum.”

Namun, dia menambahkan bahwa pemerintah “tidak memiliki rekaman video untuk mendukung pembunuhan atau sebagai bukti untuk menunjukkan kepada dunia sekarang karena daerah itu berada di bawah kendali Taliban.”

Beberapa anggota parlemen dari Kandahar mengatakan bahwa mereka “mengetahui pembunuhan itu” tetapi tidak tahu berapa banyak yang tewas “karena tidak ada jaringan telepon seluler di Spin Boldak.”

“Kami telah mendengar laporan dan menerima keluhan tentang pembunuhan dua putra anggota dewan provinsi sejauh ini,” Mahmoud Nasrat, seorang anggota parlemen, seperti dilansir Arab News.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 189