Global ReviewInternasional

Soal Kemerdekaan Taiwan, Xi Jinping Ancam Biden: Jangan Cari Gara-Gara

Xi Jinping, Presiden China, memperingatkan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat agar tidak ikut campur dalam urusan Taiwan dengan China. Pernyataan ini dilontarkan Xi Jinping dengan nada yang cukup alot kepada Presiden AS tersebut.

Lebih jauh, dalam pertemuan virtual yang berlangsung selama tiga setengah jam tersebut, Presiden China tersebut mewanti-wanti Biden untuk tidak bermain-main dengan api dalam mendukung kemerdekaan Taiwan.

“Pemerintah Taiwan sudah berulang kali meminta bantuan kepada AS untuk meraih kemerdekaannya,” tegas Xi Jinping kepada Biden seperti dilansir Xinhua, kantor berita China, pada Selasa (16/11/2021).

“AS tampaknya menggunakan Taiwan sebagai alat kendali untuk kemudian menyetir China. Ini sangat berbahaya dan kami tegaskan bahwa sikap seperti ini seperti bermain dengan api. Mereka yang bermain dengan api ini akan terbakar,” paparnya menambahkan.

Sikap AS sendiri terhadap Taiwan ialah tidak mengakui kemerdekaan Taiwan namun tetap mendukung pulau terpencil tersebut secara pertahanan dan keamanan.

Meski berlangsung cukup lama, pertemuan virtual ini tidak menghasilkan kesepakatan apa pun. Tampaknya pertemuan ini hanya untuk meredam ketegangan relasi antara AS dan China yang kian memanas akhir-akhir ini.

What's your reaction?

Related Posts

1 of 189

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *